Pemikiran Pendidikan Kh Abdul Ghofur Dan Implementasinya Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan.

HUDA, AHMAD ZAKKI (2024) Pemikiran Pendidikan Kh Abdul Ghofur Dan Implementasinya Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21501003_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21501003_bab1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
21501003_bab2.pdf

Download (764kB)
[img] Text
21501003_bab3.pdf

Download (478kB)
[img] Text
21501003_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21501003_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
21501003_bab6.pdf

Download (353kB)
[img] Text
21501003_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD ZAKKI HUDA, 2024, Pemikiran Pendidikan KH Abdul Ghofur dan Implmentasnya di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd, 2. Dr. Muawanah, M.Pd. Kata Kunci: KH Abdul Ghofur, pemikiran pendidikan, peserta didik Kiai Ghofur adalah pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat yang resmi berdiri pada tahun 1977. Dalam rentang waktu yang tidak begitu lama,pesantren ini telah menjadi pesantren yang besar di Jawa Timur. Akhirnya hal tersebut semakin menambah kemenarikan dalam menyelami pemikiran dari KH Abdul Ghofur dalam bidang pendidikan. Tujuan secara umum yang ingin peneliti dapat adalah dengan mengetahui latar belakang, cerita perjuangan, dan juga pemikiran pendidikannya akan menambah khazanah pengetahuan tentang sejarah masa lalu dan masa depan yang menjadi satu dalam diri seseorang dan lembaga pendidikannya. Secara khusus tujuanya untuk 1) Mengetahui pemikiran KH Abdul Ghofur tentang Pendidik, 2) Mengetahui pemikirannya tentang peserta didik, 3) Mengetahui pemikirannya tentang proses pendidikan yang ada di Pesantren Sunan Drajat. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan cara wawancara kepada Kiai Ghofur terkait pemikirannya, serta kepada orang-orang terdekat kiai yang dikategorikan sebagai orang yang tau banyak tentang kiai dan alur pemikirannya. Selain wawancara, peneliti juga melakukan beberapa kali observasi da dokumentasi untuk dapat melihat luar dalam keadaan pesantren dan lembaga yang ada di dalamnya. Teknik analisis data yang dialukan diantaranya: reduksi data (reduction), penyajian data (display data), penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Pemikiran KH Abdul Ghofur tentang pendidik yaitu pendidik adalah profesi yang mulia, berani menjadi pendidik berati harus berani untuk bersusah payah, kesejahteraan pendidik dapat menunjang profesionlitasnya, pendidik sebisa mungkin mempunyai usaha yang lain disamping rutinitas mengajar yang bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya, sebagai seorang pendidik bekal utama yang harus disiapkan adalah mempunyai etika yang baik serta kemampuan untuk menjelaskan. 2) Pemikiran KH Abdul Ghofur tentang peserta didik yaitu harus disiplin, konsiten, bertanggung jawab, dan saling kasih sayang. 3) Pamikiran KH Abdul Ghofur tentang proses pendidikan yaitu pembelajaran yang ideal adalah dengan membekali peserta didik dengan ilmu agama lewat pesantren dan ilmu umum melalui lembaga pendidikan formal yang ada didalamnya, selian itu kiai Ghofur juga mengungkapkan bahwa pengelompokan pengajian bagi (santri) terutama adalah sesuai kelas di lembaga formal, bukan berdasarkan kemampuan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:47
Last Modified: 19 Sep 2025 02:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19071

Actions (login required)

View Item View Item