Mahmudah, Fatiatul (2025) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD Negeri Pesantren 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syeh Wasil Kediri.
![]() |
Text
21205025_prabab.pdf Download (815kB) |
![]() |
Text
21205025_bab1.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
21205025_bab2.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
21205025_bab3.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
21205025_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205025_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
![]() |
Text
21205025_bab6.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
21205025_daftarpustaka.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
21205025_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kepala sekolah di SD Negeri Pesantren 2 Kediri berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui lima fungsi utama, yaitu sebagai edukator, leader, administrator, supervisor, dan manajer. Sebagai edukator, kepala sekolah membentuk Komunitas Belajar (Kombel) yang mendorong guru untuk saling berbagi praktik baik dan strategi pembelajaran inovatif, menciptakan budaya belajar yang kolaboratif dan berkelanjutan. Sebagai leader, kepala sekolah melibatkan seluruh elemen sekolah,termasuk komite dan wali murid, dalam merancang visi serta program-program sekolah, serta mengintegrasikan kegiatan religius seperti salat Dhuha bersama dan lomba-lomba akademik (OSN, FLS2N) sebagai sarana pembentukan karakter dan peningkatan prestasi siswa. Dalam perannya sebagai administrator, kepala sekolah menerapkan sistem evaluasi administrasi berbasis data yang dirumuskan melalui musyawarah seluruh warga sekolah dan menghasilkan kebijakan baru, seperti peningkatan kerapian dokumen pembelajaran seperti RPP dan jurnal mengajar. Sebagai supervisor, kepala sekolah melakukan supervisi insidental dengan mengamati langsung proses pembelajaran tanpa pemberitahuan, untuk menangkap situasi autentik dan memberikan bimbingan reflektif sebagai dasar pelatihan guru. Sementara itu, sebagai manajer, kepala sekolah menyusun program kerja tahunan secara partisipatif dengan melibatkan guru, komite, dan wali murid, serta menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dengan kebutuhan sekolah, dan memiliki batasan waktu yang jelas, sehingga program kerja tersebut berfungsi sebagai alat strategis dalam mengelola, mengarahkan, dan mengevaluasi seluruh aktivitas pendidikan secara efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | FATIATUL MAHMUDAH |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 03:33 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 03:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |