Pengaruh Harga Terhadap Permintaan Gas LPG 3 Kg Bersubsidi Di Pangkalan LPG Sukarlin

Marga, Shinta Nuria Puspita (2025) Pengaruh Harga Terhadap Permintaan Gas LPG 3 Kg Bersubsidi Di Pangkalan LPG Sukarlin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20401057_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20401057_bab1.pdf

Download (846kB)
[img] Text
20401057_bab2.pdf

Download (619kB)
[img] Text
20401057_bab3.pdf

Download (664kB)
[img] Text
20401057_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
20401057_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
20401057_bab6.pdf

Download (297kB)
[img] Text
20401057_daftar_pustaka.pdf

Download (429kB)
[img] Text
20401057_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI SKRIPSI SHINTA NPM 20401057.pdf

Download (315kB)

Abstract

Gas adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki peran penting untuk mendukung pembangunan bangsa. Gas merupakan komponen utama yang turut menyumbang peningkatan angka devisa, selain itu gas dikelola untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sendiri. Dilansir dari data Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada tahun 2005 penggunaan minyak bumi mendominasi 54% energi yang digunakan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap permintaan Gas LPG 3 Kg Bersubsidi di Pangkalan LPG Sukarlin. Harga merupakan pembebanan tagihan kepada konsumen yang dimana nilainya sesuai dengan nilai barang atau jasa yang diterima. Sedangkan permintaan ialah kemauan konsumen dalam membeli suatu barang atau jasa dalam kurun waktu dan harga tertentu. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Populasi penelitian terdiri dari 501 konsumen yang terdaftar pada logbook Pangkalan LPG Sukarlin. Sehingga pada penelitian ini diambil sampel sebanyak 222 konsumen yang menggunakan gas LPG 3 Kg bersubsidi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuisioner dengan instrumen daftar pertanyaan yang ditujukan kepada responden. Kemudian data yang telah terkumpul selanjutnya diolah menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Tahapan dalam mengolah data meliputi uji validitas dan uji reliabilitas instrumen, deskriptif, uji asumsi klasik serta uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana. Didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa variabel harga (X) memiliki korelasi yang kuat serta berpengaruh. Dari hasil uji korelasi didapat nilai derajat (R) sebesar 0,654. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 22,120 + 0,703X. Didapat hasil uji t dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 12,831 > ttabel 1,971. Dapat diambil kesimpulan bahwa variabel harga memiliki pengaruh terhadap variabel permintaan (Y), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dari analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,428 yang artinya antara variabel harga (X) dengan variabel permintaan (Y) memiliki hubungan yang kuat dengan besaran 0,428 atau 42,8%. Sedangkan 57,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini seperti variabel harga barang substitusi, pendapatan, selera atau preferensi dan ramalan ataupun variabel lainnya yang berkorelasi dengan permintaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Shinta Nuria Puspita Marga
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:44
Last Modified: 18 Sep 2025 03:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19041

Actions (login required)

View Item View Item