Kurniasari, Eva (2025) Manajemen Strategi Pencegahan Bullying di Sekolah Menuju Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205030_PRABAB.pdf Download (643kB) |
![]() |
Text
21205030_BAB1.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
21205030_BAB2.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
21205030_BAB3.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
21205030_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205030_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
21205030_BAB6.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
21205030_DAPUS.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
21205030_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205030_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (204kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya manajemen strategi dalam upaya pencegahan bullying di sekolah sebagai bagian dari penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pencegahan bullying tidak hanya berfungsi untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, tetapi juga menjadi langkah dasar dalam pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. SMP Negeri 1 Kediri sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen dalam upaya pencegahan bullying melalui strategi dalam membentuk karakter peserta didiknya. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari pengelolaan strategi yang sistematis, efektif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Formulasi strategi pencegahan bullying di SMP Negeri 1 Kediri, (2) Implementasi strategi pencegahan bullying di SMP Negeri 1 Kediri, (3) Evaluasi strategi pencegahan bullying di sekolah menuju penguatan karakter profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru mata pelajaran, fasilitator P5, guru ekstrakurikuler, serta peserta didik SMP Negeri 1 Kediri. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Formulasi strategi mencakup perumusan visi, misi, dan tujuan sekolah yang melibatkan berbagai pihak serta analisis lingkungan, termasuk perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang, lalu penentuan strategi unggulan untuk memastikan efektivitas pencegahan bullying. (2) Pelaksanaan strategi diterapkan melalui penentuan kebijakan, memotivasi tenaga pendidik, mengalokasikan sumber daya manusia, serta pengembangan budaya sekolah yang positif dengan pembentukan kader anti-bullying, program konseling sebaya serta mengimplementasikan konsep Sekolah Ramah Anak. (3) Evaluasi dilakukan secara berkala melalui monitoring dan pengukuran kinerja guna menilai efektivitas strategi, memperbaiki kelemahan, serta menyesuaikan program sesuai kebutuhan. Dengan menerapkan strategi pencegahan bullying, SMP Negeri 1 Kediri berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | EVA KURNIASARI |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:52 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |