Novanda, Mira (2025) Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka untuk mengembangkan skill kepemimpinan siswa di MTsN 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
21205040_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21205040_bab1.pdf Download (899kB) |
![]() |
Text
21205040_bab2.pdf Download (969kB) |
![]() |
Text
21205040_bab3.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
21205040_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205040_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
![]() |
Text
21205040_bab6.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
21205040_daftarpustaka.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
21205040_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Salin-21205040_lembarpernyataanpublikasi .pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
Abstract
Manajemen ekstrakurikuler pramuka memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan keterampilan kepemimpinan siswa. Melalui penerapan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, kegiatan pramuka mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif dan mendukung pengembangan potensi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perencanaan ekstrakurikuler pramuka untuk mengembangkan skill kepemimpinan siswa di MTsN 6 Kediri, 2) Mengetahui pengorganisasian ekstrakurikuler pramuka untuk mengembangkan skill kepemimpinan siswa di MTsN 6 Kediri, 3) Mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka untuk mengembangkan skill kepemimpinan siswa di MTsN 6 Kediri, 4) Mengetahui pengendalian ekstrakurikuler pramuka untuk mengembangkan skill kepemimpinan siswa di MTsN 6 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik untuk pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan ekstrakurikuler pramuka di MTsN 6 Kediri dilakukan secara terstruktur dan terarah. Pihak sekolah bersama pembina pramuka menyusun program tahunan dan semesteran berdasarkan kebutuhan siswa. 2) Pengorganisasian ekstrakurikuler pramuka di MTsN 6 Kediri dilakukan dengan membentuk struktur organisasi yang rapi. Koordinasi antara pembina dan pengurus berjalan melalui pertemuan rutin setiap minggu. 3) Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MTsN 6 Kediri berfokus pada pembelajaran aktif berbasis pengalaman. Kegiatan dilakukan setiap hari Jumat dengan berbagai agenda seperti latihan baris-berbaris, dinamika kelompok, dan kegiatan sosial. Kegiatan besar seperti LORESTA (Lomba Regu Berprestasi) dan KPMN menjadi sarana siswa untuk mengasah kemampuan kepemimpinan. 4) Pengendalian ekstrakurikuler pramuka dilakukan dengan monitoring rutin terhadap jalannya kegiatan. Setiap kegiatan dievaluasi melalui observasi langsung, laporan harian, serta diskusi antara pembina dan pengurus. Penilaian terhadap skill kepemimpinan siswa dilakukan melalui pengamatan peran siswa dalam memimpin regu atau kelompok.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Depositing User: | MIRA NOVANDA |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 03:53 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 03:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |