Dewi, Lia Retian (2025) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Akhlak Siswa di MTs Negeri 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201117_prabab.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
21201117_bab1.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
21201117_bab2.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
21201117_bab3.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
21201117_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
![]() |
Text
21201117_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
![]() |
Text
21201117_bab6.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
21201117_daftarpustaka.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
21201117_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Download (319kB) |
Abstract
Akhlak merupakan cerminan keimanan dan kepatuhan terhadap ajaran agama, serta menjadi aspek penting dalam Islam untuk menciptakan keharmonisan sosial. Namun, terjadi penurunan akhlak di kalangan generasi muda yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan sekolah. Sebagai tempat pembentukan karakter, lingkungan sekolah yang kondusif diyakini berperan dalam membentuk akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa di MTsN 5 Kediri yang berlandaskan visi “Beriman, Berilmu, Berakhlakul Karimah, dan Berwawasan Lingkungan”.1) Untuk menganalisis bagaimana lingkungan sekolah di MTsN 5 Kediri. 2) Untuk menganalisis bagaimana akhlak siswa di MTsN 5 Kediri. 3) Untuk menganalisis adakah pengaruh lingkungan sekolah di MTsN 5 Kediri terhadap akhlak siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengukur pengaruh lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa secara objektif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTsN 5 Kediri, dengan sampel ditentukan melalui proportional random sampling menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup yang terdiri dari dua variabel: lingkungan sekolah (22 butir) dan akhlak siswa (18 butir), mencakup aspek ibadah, hubungan sosial, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian lingkungan. Validitas instrumen diuji melalui expert judgment, reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, dan analisis data dilakukan dengan regresi linear sederhana melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan sekolah di MTsN 5 Kediri tergolong dalam kategori kondusif, ditandai dengan dukungan dari guru, ketersediaan sarana prasarana, serta budaya sekolah yang mencerminkan nilai-nilai keislaman dan kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini didukung oleh data distribusi frekuensi yang menunjukkan bahwa 51% responden menilai lingkungan sekolah dalam kategori kondusif. 2) Akhlak siswa berada pada kategori sangat baik, berdasarkan indikator ibadah, akhlak terhadap sesama, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab belajar, dan kepedulian terhadap lingkungan, dengan persentase sebesar 58,6% siswa termasuk dalam kategori tersebut. 3) Penelitian ini juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap akhlak siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Lingkungan sekolah memberikan kontribusi sebesar 25,2% terhadap akhlak siswa, sedangkan 74,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LIA RETIAN DEWI |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 07:23 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 07:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |