Nadiya, Ahsanu (2025) Perbandingan nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Washaya al-Abaa Li al-Abnaa karya Syaikh Muhammad Syakir dengan nilai pendidikan karakter dalam peraturan presiden nomor 87 tahun 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201039_prabab.pdf Download (864kB) |
![]() |
Text
21201039_bab1.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
21201039_bab2.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
21201039_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
![]() |
Text
21201039_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text
21201039_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text
21201039_daftarpustaka.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
21201039_Lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dikuatkan guna mengatasi masalah krisis moral serta membentuk pribadi manusia yang tidak hanya cerdas akalnya namun juga mulia akhlaknya. Paling tidak ada dua sumber rujukan yang bisa menjadi acuan dalam pendidikan akhlak dan karakter. Kedua sumber rujukan tersebut sangat layak untuk dipahami secara lebih detail. Terkait dengan hal tersebut, maka rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian ini yakni (1) Bagaimana nilai akhlak yang terdapat dalam Kitab Waṣhāyā al-Abā‘ Li al-Abnā‘ karya Syaikh Muhammad Syakir? (2) Bagaimana nilai karakter yang terdapat dalam Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017? (3) Bagaimana perbandingan nilai akhlak dalam Kitab Waṣhāyā al-Abā‘ Li al-Abnā‘ karya Syaikh Muhammad Syakir dengan nilai karakter dalam Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017?.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research (kajian pustaka). Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam isi dan makna dari kedua sumber tersebut melalui analisis literatur. Adapun pengumpulan data, menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Kitab Waṣhāyā al-Abā‘ Li al-Abnā‘ memuat 20 nilai akhlak meliputi akhlak kepada Allah, Rasulullah, diri sendiri, dan akhlak kepada sesama. (2) Peraturan Presiden Nomor 87 pasal 3 tahun 2017 memuat 18 nilai karakter yang cocok untuk diterapkan pada pendidikan formal, non formal, dan informal. (3) Kedua sumber sama-sama menekankan pentingnya nilai moral yang relevan untuk kehidupan sehari-hari. Perbedaannya terletak pada definisi, cara penyampaian, dan ajaran nilai-nilai tersebut. Keduanya juga memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun, kedua sumber tersebut saling melengkapi dan tetap bisa dijadikan acuan dalam membentuk serta mengembangkan pendidikan karakter di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHSANU NADIYA |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:22 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |