Magfiroh, Happy Syafiatul (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Tema 6 dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Siswa Kelas I Di SD Islam Nahdlatul Ulama’ Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932607519_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
932607519_bab1.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
932607519_bab2.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
932607519_bab3.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
932607519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
932607519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
![]() |
Text
932607519_bab6.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
932607519_daftarpustaka.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
932607519_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
932607519_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (193kB) |
Abstract
Happy Syafiatul Magfiroh, Dosen Pembimbing Puspoko Ponco Ratno, M.T. dan Aulia Rohmawati, M.Pd., Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Tema 6 Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Siswa Kelas 1 di SD Islam Nahdlatul Ulama’ Pare, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023 Kata Kunci : Animaker, Tematik, Efektivitas Penelitian dan pengembagan dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu guru masih menggunakan media gambar yang masih monoton isi materinya. Padahal di sekolah sudah terdapat fasilitas berupa LCD proyektor dan televisi. Selain itu, guru juga masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional dalam bentuk ceramah dan metode webbed yang mengakibatkan siswa kurang efektif dan nilainya masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan, proses pembelajaran, dan tingkat efektivitas multimedia pembelajaran berbasis animaker pada tema 6 subtema 1 kelas I di SD Islam Nahdlatul Ulama’ Pare. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Validasi dan uji coba produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajara atau bidang studi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah multimedia berbasis animaker yang dikembangkan dengan menggunakan website animaker, aplikasi inshot dan capcut. Hasil validasi menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis animaker memperoleh penilaian dari validator ahli materi dengan skor presentase sebesar 88, 75% yang dikategorikan sangat valid, validator ahli media memperoleh presentase skor sebesar 85% yang dikategorikan sangat valid, selanjutnya validator ahli pembelajaran atau guru bidang studi memperoleh presentase skor sebesar 96% yang dikategorikan sangat valid. Hasil Uji-t memperoleh taraf signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 yang menunjukkan bahwa data yang dibandingkan memang berbeda secara signifikan. Dari hasil uji N-gain diketahui bahwa penggunaan multimedia pembelajaran berbasis animaker memperoleh kategori indeks gain tinggi terdapat 15 (54%) siswa, untuk kategori indeks gain sedang terdapat 12 (43%) siswa, dan kategori rendah terdapat 1 (3%) siswa. Selain itu, juga dibuktikan dengan perolehan hasil pre – test dan post – test menunjukkan bahwa post – test lebih tinggi daripada pre – test. Presentase ketuntasan belajar siswa dari hasil Pre – Test sebesar 77%, sedangkan ketuntasan belajar siswa dari Post – Test sebesar 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis animaker dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pada kelas 1 Tema 6 Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Siswa Kelas 1 di SD Islam Nahdlatul Ulama’ Pare.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | HAPPY SYAFIATUL MAGFIROH |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 06:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 06:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |