Fauziah, Ana Choirotunnisa' Al (2025) Implementasi Kegiatan Diba’i Himmata dalam Meningkatkan Karakter Religius Remaja IPNU IPPNU di Desa Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201190_pra bab.pdf Download (718kB) |
![]() |
Text
21201190_bab 1.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
21201190_bab 2.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
21201190_bab 3.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
21201190_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
![]() |
Text
21201190_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text
21201190_bab 6.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
21201190_daftar pustaka.pdf Download (200kB) |
Abstract
IPNU IPPNU memiliki peran yang penting di era milenial saat ini. Hal ini berkaitan dengan fungsi IPNU IPPNU sebagai tempat berkumpul, sarana komunikasi, dan wadah aktualisasi. Di Desa Sambirobyong, organisasi IPNU IPPNU menjalankan peran sebagai organisasi kepelajaran yang berkontribusi dalam meningkatkan karakter religius. Peran pengurus IPNU IPPNU sangat krusial dalam penanaman nilai-nilai karakter, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui berbagai kegiatan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang peran IPNU IPPNU. Fokus penelitian ditujukan pada dua hal: 1) Implementasi kegiatan diba’i himmata dalam meningkatkan karakter religius remaja IPNU IPPNU di Desa Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kegiatan diba’i himmata dalam meningkatkan karakter religius remaja IPNU IPPNU di Desa Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dari beberapa informan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber data yang sudah ada berupa buku diba’i himmata, buku kehadiran anggota, dan lain sebagainya. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, kemudian melakukan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa 1) Implementasi kegiatan diba’i himmata dalam meningkatkan karakter religius remaja IPNU IPPNU mencakup penyediaan berbagai kegiatan dan diskusi mengenai nilai-nilai agama, pengembangan percaya diri, penyaluran minat dan bakat, serta memberikan rasa tanggung jawab menjaga kearifan lokal dengan mengikuti kegiatan diba’i himmata yang sudah ada sejak 1980-an. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, memperkuat komunikasi, kerjasama, dan empati antar anggota, serta membantu remaja dalam mengatur waktu antara kegiatan organisasi dengan aktivitas lainnya. 2) Faktor pendukung antara lain, dukungan orang tua, teman, lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari perbedaan jenjang pendidikan, kurangnya motivasi untuk mengikuti kegiatan, dan keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ANA CHOIROTUNNISA' AL FAUZIAH |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:16 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |