Dewani, Muhammad Sulthon (2025) Analisis Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih MA Darunnajah Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201241_prabab.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
21201241_bab1.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
21201241_bab2.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
21201241_bab3.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
21201241_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
![]() |
Text
21201241_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text
21201241_bab6.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
21201241_daftarpustaka.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
21201241_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Download (106kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas XI MA Darunnajah Trenggalek pada mata pelajaran fikih, yang ditunjukkan dengan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, seperti tidak fokus, kurang aktif dalam diskusi, dan cenderung pasif di kelas. Salah satu metode yang dianggap mampu mengatasi permasalahan tersebut adalah metode demonstrasi, sehingga mendorong guru mata pelajaran fikih kelas XI untuk menerapkan metode demonstrasi yang memungkinkan siswa belajar secara aktif melalui peragaan langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fikih kelas XI MA Darunnajah Trenggalek, dan 2) Menganalisis peningkatan minat belajar siswa kelas XI MA Darunnajah Trenggalek pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru mata pelajaran fikih dan siswa kelas XI MA Darunnajah Trenggalek. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Lokasi penelitian dipilih karena telah menerapkan metode demonstrasi secara aktif dalam pembelajaran fikih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode demonstrasi diterapkan secara sistematis mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Pada pelaksanaan, dimulai dengan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dan menjelaskan tujuan serta proses demonstrasi, mengatur tata ruang agar siswa dapat mengamati dengan jelas, memastikan seluruh siswa dapat memahami kegiatan, memberi petunjuk apa yang perlu dicatat, memberi kesempatan bertanya, dan mengelola waktu dengan baik, dilanjutkan dengan diskusi, melakukan evaluasi untuk menilai pemahaman siswa, dan 2) Siswa menunjukkan peningkatan minat belajar yang signifikan, yang ditandai dengan perasaan senang selama pembelajaran, meningkatnya perhatian dan keterlibatan dalam diskusi serta praktik, serta adanya ketertarikan untuk memahami materi fikih secara lebih mendalam. Dengan demikian, penerapan metode demonstrasi terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di kelas XI MA Darunnajah Trenggalek.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD SULTHON DEWANI |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |