Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Literasi Numerasi Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri

Umami, Riza Maratul (2025) Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Literasi Numerasi Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204007_prabab.pdf

Download (475kB)
[img] Text
21204007_bab1.pdf

Download (460kB)
[img] Text
21204007_bab2.pdf

Download (453kB)
[img] Text
21204007_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
21204007_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21204007_bab5.pdf

Download (323kB)
[img] Text
21204007_daftarpustaka.pdf

Download (204kB)
[img] Text
21204007_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (117kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terhadap skor AKM siswa, ditemukan bahwa skor AKM dari tahun 2023 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, kemudian tahun 2024 skor AKM cenderung sama, dan di tahun 2025 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Namun setelah melakukan observasi lapangan ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan soal literasi numerasi pada materi aljabar serta mendeskripsikan validitas isi, tingkat kesesuaian soal dengan rasch model untuk siswa kelas VII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (RnD). Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas VII MTs Al Mahrusiyah Lirboyo dengan jumlah subjek uji coba skala kecil berjumlah 6 siswa dan uji coba skala luas berjumlah 94 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi soal, soal tes literasi numerasi, dan lembar wawancara. Analisis data menggunakan uji validasi dengan indeks Aiken V, dan uji rasch model untuk mengetahui kesesuaian soal dengan rasch model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan instrumen tes literasi numerasi dilakukan mengikuti prosedur dari model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) (2) Uji validitas menggunakan Aiken’s V menunjukkan bahwa 20 soal yang dikembangkan tergolong valid dan layak untuk diujicobakan. Dari analisis rasch model, yaitu infit dan outfit, terdapat soal yang misfit yaitu pada soal nomor 4. Kemudian pada analisis wright map terdapat 6 soal yang tidak sesuai dengan kriteria rasch model karena berada di luar interval -2 hingga 2, yaitu soal nomor 1, 3, 4, 6, 7 dan 11 empat soal tersebut memiliki tingkat kesulitan di bawah -2, sehingga dapat dikatakan bahwa kedua soal tersebut sangat mudah dan perlu dikaji ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0103 Numerical and Computational mathematics (Matematika numerik dan Komputasi) > 010302 Numerical Solution of Differential and Integral Equations (Solusi Numerik Persamaan Diferensial dan Integral)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: RIZA MARATUL UMAMI
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:38
Last Modified: 12 Aug 2025 06:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18800

Actions (login required)

View Item View Item