Sunnah, Kharisma Danis (2025) Implementasi Strategi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kompetensi Critical Thinking Siswa Kelas XI IPA Pada Mata Pelajaran Fikih MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201218_prabab.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
21201218_bab1.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
21201218_bab2.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
21201218_bab3.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
21201218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) |
![]() |
Text
21201218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text
21201218_bab6.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
21201218_daftarpustaka.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
21201218_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Download (107kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kompetensi critical thinking siswa dalam menghadapi tantangan abad 21, khususnya dalam mata pelajaran fikih. Di MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri, siswa kelas XI IPA masih menunjukkan partisipasi dan kompetensi critical thinking rendah, sehingga mendorong guru kelas XI mata pelajaran fikih untuk menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kompetensi critical thinking siswa. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi strategi problem based learning pada mata pelajaran fikih kelas XI IPA MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri? 2) Bagaimana peningkatan kompetensi critical thinking siswa kelas XI IPA MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri pada mata pelajaran fikih? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung terhadap guru mata pelajaran fikih dan siswa kelas XI IPA di MA Sunan Kalijogo. Pemilihan lokasi penelitian dikarenakan lembaga tersebut telah menerapkan strategi PBL secara aktif dalam pembelajaran fikih. Proses analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan triangulasi sumber dan teknik atau metode untuk memastikan kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi strategi PBL telah dilaksanakan secara sistematis melalui lima tahapan utama: orientasi peserta didik pada masalah, pengorganisasian untuk belajar, bimbingan penyelidikan, pengembangan dan penyajian hasil karya, serta analisis dan evaluasi pemecahan masalah. Strategi ini didukung oleh kesiapan perangkat ajar serta media pembelajaran yang tersedia. 2) Kompetensi critical thinking siswa mengalami peningkatan signifikan pada setiap indikator, seperti kemampuan memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, mengatur strategi dan taktik. Jumlah siswa dalam kategori critical thinking tinggi meningkat drastis, dan siswa yang tidak menunjukkan kompetensi menurun hampir seluruhnya. Dengan demikian, strategi PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi critical thinking siswa pada pembelajaran fikih.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | KHARISMA DANIS SUNNAH |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |