Suroya, Amil Lailatus (2020) Efektivitas Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Penunjang Pembelajaran Kitab Kuning Santri Putri Pondok Pesantren Al-Amien. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932121315 - Pra BAB.pdf Download (945kB) |
|
Text
932121315 - BAB I.pdf Download (435kB) |
|
Text
932121315 - BAB II.pdf Download (496kB) |
|
Text
932121315- BAB III.pdf Download (457kB) |
|
Text
932121315 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text
932121315 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
932121315 - BAB VI.pdf Download (209kB) |
|
Text
932121315 - Daftar Pustaka.pdf Download (326kB) |
|
Text
932121315 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Mempelajari agama sangatlah di perlukan dalam kehidupan. Cara mempelajari hal itu di antaranya melalui pengajaran yang terdapat di dalam pondok pesantren. Kitab kuning ditulis dengan huruf arab tanpa harokat, serta terjemahan memakai bahasa jawa. Hal tersebut menyebabkan kesusahan atau kebingungan yang dialami oleh santri pondok pesantren, untuk mempelajari kitab karena tidak mengerti akan bahasa yang di gunakan karena kebanyakan mereka berasal dari berbagai daerah. Cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah santri putri. metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan 3 tekhnik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan menggunakan kriteria kredibilitas. Selain penelitian kualitatif peneliti juga menggunakan penelitian kuantitatif dimana terdapat variabel independen dan variabel dependen. Untuk populasi dan sampelnya yaitu Santri Putri Pondok Pesantren AlAmien dan Instrumen penelitiannya menggunakan tes essay. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa evektivitas penggunaan bahasa Indonesia sebagai penunjang pembelajaran Kitab Kuning Santri Putri Pondok Pesantren AlAmien yaitu: 1) Efektivitas penggunaan bahasa indonesia pada pembelajaran Kitab kuning Santri Putri Pondok Pesantren Al-Amien. Pertama, Dalam penelitian kualitatif : yaitu pada waktu pembelajaran kitab kuning para pengajar (ustadz/ustadzah) menggunakan bahasa Indonesia, kemudian sesudah itu para santri bergantian membaca. Kedua, dalam penelitian kuantitatif yaitu berdasarkan hasil uji Analisis Uji T Dependen dengan Rumus Paired Samples Test menggunakan program SPSS 21 for Windows diketahui bahwa nilai sig.(2- tailed) = 0,002. Hasil tersebut kurang dari nilai signifikan 0,05 dengan demikian maka HO ditolak dan HI diterima maka berarti hasil tes pembelajaran kitab kuning lebih efektif daripada menggunakan bahasa Indonesia daripada hasil tes pembelajaran kitab kuning yang menggunakan bahasa jawa pada santri putri pondok pesantren Al-amien Kediri. 2) FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Kitab Kuning yaitu pertama, faktor pendukung : para pengajar atau ustadz, ustadzah dalam menjelaskan kitab kuning juga menggunakan bahasa Indonesia sehingga memudahkan para santri dalam memahami kitab kuning. Kedua,faktor penghambat : keberagaman santri lulusan dari MTS, SMP, SMA, MA dan pindahan pondok pesantren menjadikan perbedaan yang signifikan mengenai pengetahuan pelajaran kitab kuning.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 03:39 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 03:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1879 |
Actions (login required)
View Item |