Pengaruh Harga Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee(Studi Pada Siswi Kelas XI SMKN 2 Kediri)

Zuhriya, Milatuz (2025) Pengaruh Harga Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee(Studi Pada Siswi Kelas XI SMKN 2 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21403161_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21403161_Bab1.pdf

Download (7MB)
[img] Text
21403161_Bab2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
21403161_Bab3.pdf

Download (7MB)
[img] Text
21403161_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
21403161_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
21403161_Bab6.pdf

Download (7MB)
[img] Text
21403161_DaftarPustaka.pdf

Download (7MB)
[img] Text
lembarpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

Keputusan pembelian adalah tahapan dalam kegiatan pembelian produk yang dilakukan konsumen menggunakan alat bantu kemajuan teknologi internet untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan. Sebelum memutuskan pembelian, calon konsumen merencanakan dan mempertimbangkan beberapa hal. Harga dan kemudahan penggunaan aplikasi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan harga, kemudahan penggunaan aplikasi dan keputusan pembelian pada marketplace Shopee pada siswi kelas XI SMKN 2 Kediri. Selain itu, untuk menjelaskan pengaruh harga dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee pada siswi kelas XI SMKN 2 Kediri.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian data kuesioner. Populasi penelitian ini siswi kelas XI SMKN 2 Kediri yang pernah melakukan pembelian di marketplace Shopee. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 189 responden yang telah dihitung dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan 0,05. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X1 (Harga), X2 (Kemudahan Penggunaan Aplikasi) dan variabel Y (Keputusan Pembelian) berada dalam kategori cukup baik. Nilai uji korelasi 0,491 artinya tingkat keeratan hubungan antara variabel harga terhadap keputusan pembelian cukup kuat dan korelasinya bernilai positif. Variabel kemudahan penggunaan aplikasi nilai korelasinya 0,663 artinya variabel kemudahan penggunaan aplikasi memiliki hubungan yang kuat terhadap variabel keputusan pembelian. Sehingga menghasilkan adanya pengaruh antara variabel harga dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap variabel keputusan pembelian dengan hasil uji analisis regresi berganda diperoleh Y = 6,577 + 0,311X1 + 0,668X2 dengan nilai koefisien determinasi R Square 0,506 atau setara dengan 50,6%. Masih terdapat variabel lain yang tidak diteliti yang turut mempengaruhi besarnya keputusan pembelian sebesar 49,4% seperti faktor waktu yang cepat, pencarian yang mudah, kualitas baik, interaksi yang meliputi informasi, loadtime, navigasi, keamanan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: MILATUZ ZUHRIYA
Date Deposited: 14 Oct 2025 07:32
Last Modified: 14 Oct 2025 07:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item View Item