Rohmah,, Salimatur (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MAN 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
![]() |
Text
2101205_PRABAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201205_BAB1.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
21201205_BAB2.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
21201205_BAB3.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
21201205_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
![]() |
Text
21201205_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text
21201205_BAB6.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
21201205_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
21201205_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Fiqih MAN 1 Kota Kediri dipilih sebagai objek penelitian didasarkan pada fenomena bahwa MAN 1 Kota Kediri telah menerapkan Kurikulum Merdeka yang dapat membentuk potensi peserta didik dan memberikan kebebasan berkreasi, memilih gaya belajar, dan berekspresi dengan memperhatikan ketentuan sesuaiakademik dan tata tertib. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih kelas X pada Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Kediri. 2) mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih kelas X pada Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Kediri. 3)mengetahui bagaimana pelaksanaan asesmen mata pelajaran fiqih kelas X pada Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari Waka Kurikulum MAN 1 Kota Kedri, Guru mata pelajaran fiqih kelas X, peserta didik kelas X. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengkaji keabsahan data dilakukan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih Kelas X pada Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Kediri sebagai berikut: 1) Tahapan perencanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih pada kurikulum merdeka dengan menganalisis Capaian Pembelajaran, merumuskan Tujuan Pembelajaran, menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, serta merencanakan dan mengembangkan modul ajar. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Pada Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Kediri sebagai berikut: pengabsenan guru yang dilakukan siswa melalui aplikasi Smart School, memberikan pertanyaan pemantik, guru fiqih menyampaikan Tujuan Pembelajaran, guru fiqih memberikan Lembar Kerja Peserta Didik kepada peserta didik, menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Di MAN 1 Kota Kediri tentunya pada proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi berupa Wi-Fi, handphone, laptop, tab proyektor, dan LCD. 3) Pelaksanaan Asesmen Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Pada Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Kediri sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan asesmen diagnostic di MAN 1 Kota Kediri dilaksanakan sebelum pembelajaran terdiri dari lima soal. Kedua, asesmen formatif dilakukan selama proses pembelajaran. Ketiga, pelaksanaan asesmen sumatif di MAN 1 Kota Kediri meliputi sumatif harian, sumatif tengah semester dan sumatif akhir semester.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SALIMATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:58 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |