Pengembangan Media KOPITUNG (Kotak Pintar Berhitung) untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa mata pelajaran Matematika Kelas I MI Mambaul Ulum Kota Kediri

Zarok, Miftakhul (2025) Pengembangan Media KOPITUNG (Kotak Pintar Berhitung) untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa mata pelajaran Matematika Kelas I MI Mambaul Ulum Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206013_prababb.pdf

Download (856kB)
[img] Text
21206013_bab1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
21206013_bab2.pdf

Download (189kB)
[img] Text
21206013_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
21206013_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206013_bab5.pdf

Download (82kB)
[img] Text
21206013_daftarpustaka.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Media pembelajaran adalah pembawa informasi yang dirancang khusus untuk memenuhi tujuan dalam konteks belajar-mengajar dan dapat mencakup semua yang digunakan guru untuk memanfaatkan panca indera. Peneliti mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran Matematika yakni Media KOPITUNG (Kotak Pintar Berhitung). Dalam penelitian ini tujuan yang diperoleh adalah mengetahui prosedur pengembangan Media KOPITUNG (Kotak Pintar Berhitung), mengetahui Kelayakan Media KOPITUNG (Kotak Pintar Berhitung), mengetahui keefektifan Media KOPITUNG (Kotak Pintar Berhitung) untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) model pengembangan yakni ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan ini memiliki lima tahapan yakni analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, angket validasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil validasi produk dari ahli materi 1 mendapat 92% dengan kategori sangat layak dan ahli materi 2 mendapat hasil 94% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi produk dari ahli materi 1 tahap 1 memperoleh nilai 70%, tahap 2 memperoleh 80% dengan kategori layak. Sedangkan dari ahli media 2 mendapatkan nilai 93% dengan kategori sangat layak. Hasil pretest dan posttest kelompok kecil memperoleh 0,82 dengan kategori tinggi atau 82,74% dengan kategori efektif. Sedangkan hasil pretest dan posttest kelompok besar memperoleh nilai 0,68 dengan kategori sedang atau 68,83% dengan kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas I di MI Mambaul Ulum Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MIFTAKHUL ZAROK
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:57
Last Modified: 08 Aug 2025 02:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18711

Actions (login required)

View Item View Item