Wahyu, Hesti Afrilia Dwi (2025) Manajemen Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di SMK Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205070_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21205070_bab1.pdf Download (725kB) |
![]() |
Text
21205070_bab2.pdf Download (846kB) |
![]() |
Text
21205070_bab3.pdf Download (791kB) |
![]() |
Text
21205070_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) |
![]() |
Text
21205070_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
![]() |
Text
21205070_bab6.pdf Download (682kB) |
![]() |
Text
21205070_daftarpustaka.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
21205070_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205070_pernyataan upload karya ilmiah.pdf Download (190kB) |
Abstract
Pendidikan kejuruan berperan penting dalam mencetak sumber daya manusia yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja. Namun, tingginya angka pengangguran lulusan SMK menunjukkan adanya kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia industri. Oleh karena itu, kerjasama antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Huda Kota Kediri dengan tujuan mendeskripsikan manajemen kerjasama sekolah dengan DUDI dalam meningkatkan kompetensi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian meliputi empat aspek, yaitu perencanaan kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri, pengorganisasian kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri, pelaksanaan kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri, dan evaluasi kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, waka humas, dan ketua kompetensi keahlian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kerja sama dilakukan secara sistematis pada awal tahun ajaran melalui identifikasi kebutuhan industri, pemilihan mitra yang relevan, dan penyusunan dokumen MoU; (2) pengorganisasian melibatkan tim kerja sama di bawah koordinasi kepala sekolah dan waka humas, dengan pembagian tugas yang jelas antar bidang; (3) pelaksanaan kerja sama diwujudkan dalam bentuk sinkronisasi kurikulum, program guru tamu, praktik kerja lapangan (PKL), uji kompetensi keahlian (UKK), dan penyaluran lulusan melalui BKK; (4) evaluasi kerja sama dilakukan secara berkala melalui umpan balik dari siswa dan mitra industri, yang digunakan sebagai dasar perbaikan program kerja sama di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hesti Afrilia Dwi Wahyu |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:44 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |