Posisi guru dihadapan siswa perspektif kitab Ta’līm Al-Muta’allim

Saputri, Yesi Eka (2025) Posisi guru dihadapan siswa perspektif kitab Ta’līm Al-Muta’allim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201034_prabab.pdf

Download (989kB)
[img] Text
21201034_bab1.pdf

Download (746kB)
[img] Text
21201034_bab2.pdf

Download (769kB)
[img] Text
21201034_bab3.pdf

Download (871kB)
[img] Text
21201034_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
21201034_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
21201034_daftarpustaka.pdf

Download (412kB)
[img] Text
21201034_riwayathidup.pdf

Download (196kB)
[img] Text
21201034_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Maraknya kasus kekerasan yang terjadi di Indonesia perlu mendapatkan perhatian dari lingkungan sekitar maupun pemerintah, mirisnya kasus kekerasan yang terjadi di Indonesia sampai menyeret sosok guru menjadi korbannya, hal ini membuktikan adab memuliakan guru mulai tergerus seiring berkembangnya zaman. Kedudukan guru dizaman sekarang mulai tergeser, seorang guru dizaman sekarang hanya dianggap tenaga pengajar yang bertanggung jawab mendidik para siswa saja. Bukti bahwasannya posisi guru dihadapan siswa mulai tergeser adalah setelah beredarnya video disosial media tentang aksi siswa yang menggorok leher gurunya di Demak, diduga motif peristiwa tersebut karena adanya dendam pribadi terhadap gurunya. Dari peristiwa tersebut tergambarkan dengan jelas bagaimana posisi guru dihadapan siswa tidak lagi dianggap mulia, adab siswa terhadap guru yang diajarkan kitab Ta’līm Al�Muta’allim mulai terlupakan seiring berkembangnya zaman. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui posisi guru dihadapan siswa perspektif kitab Ta’līm Al-Muta’allim, (2) mengetahui konsep adab siswa terhadap guru perspektif kitab Ta’līm Al-Muta’allim. Metode penelitian ini adalah kajian pustaka atau library research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kitab Ta’līm Al-Muta’allim, jurnal, skripsi, dan juga buku. Data dikumpulkan dengan dokumentasi. Adapun analisis yang dilakukan adalah (content analysis) atau analisis isi. Analisis isi adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengungkap isi buku yang menggambarkan situasi penulis dan masyarakatnya ketika buku ditulis. Analisis ini dilakukan dari berbagai sumber yang telah diperoleh penulis sebagai acuan dalam pembuatan karya ilmiah ini. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Posisi guru dihadapan siswa dalam perspektif kitab Ta’līm Al-Muta’allim. Posisi guru dalam pendidikan memiliki peran yang sangat strategis, baik dalam pandangan modern maupun klasik. Dalam perspektif pendidikan modern seperti yang dikemukakan oleh R. Vanderberghe, guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan, motivator, fasilitator, konselor, dan penilai. Sementara itu, dalam pandangan klasik yang diwakili oleh Syekh Az-Zarnūjī dalam Ta‘līm al-Muta‘allim, peran-peran tersebut telah lebih dahulu ditegaskan dengan penekanan kuat pada akhlak, adab, dan keberkahan ilmu yang diperoleh melalui sikap hormat kepada guru. (2) konsep adab siswa terhadap guru perspektif kitab Ta’līm Al-Muta’allim adalah tidak mendahului guru berjalan dan tidak menempati tempat duduk guru, tidak memulai berbicara sebelum mendapkan izin guru, mengurangi banyak bicara ketika dihadapan guru, tidak menanyakan sesuatu yang membuat guru jenuh, memilih waktu yang tepat untuk menemui guru dan tidak diperkenankan mengetuk pintu, bersabarlah menunggu kehadiran guru, senantiasa mencari ridho guru dan melaksanakan perintahnya selama perintah tersebut tidak melanggar agama, menghormati guru beserta anaknya dan siapapun yang berkaitan dengan guru. Kata kunci : Posisi Guru, Siswa, Kitab Ta’līm Al-Muta’allim

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: YESI EKA SAPUTRI
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:16
Last Modified: 01 Aug 2025 03:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18645

Actions (login required)

View Item View Item