Implementasi Pembelajaran Kitab Washoya Al- Aabaa’ Li Al- Abnaa’ Sebagai Upaya Penguatan Akhlakul Karimah Siswa Mts Miftahul Falaah Kota Kediri

PUTRA, ALDIAN MAULANA (2025) Implementasi Pembelajaran Kitab Washoya Al- Aabaa’ Li Al- Abnaa’ Sebagai Upaya Penguatan Akhlakul Karimah Siswa Mts Miftahul Falaah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201129_prabab.pdf

Download (719kB)
[img] Text
21201129_bab1.pdf

Download (471kB)
[img] Text
21201129_bab2.pdf

Download (533kB)
[img] Text
21201129_bab3.pdf

Download (427kB)
[img] Text
21201129_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
21201129_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
21201129_bab6.pdf

Download (399kB)
[img] Text
21201129_daftarpustaka.pdf

Download (367kB)
[img] Text
21201129_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21201129_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (190kB)

Abstract

Aldian Maulana Putra, Dosen Pembimbing Mohammad Asy’ari, M.HI. dan Maimunatun Habibah, M.Pd.I, Implementasi Pembelajaran Kitab Washoya Al- Aabaa’ Li Al- Abnaa’ sebagai Upaya Penguatan Akhlakul Karimah Siswa MTs Miftahul Falaah Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Implementasi, Kitab Washoya al-Aabaa’ Li al-Abnaa’, Akhlakul Karimah, MTs Pembentukan akhlakul karimah merupakan salah satu tujuan utama dalam pendidikan Islam. Kitab Washoya al-Aabaa’ Li al-Abnaa’, karya Syekh Muhammad Syakir, dipilih sebagai bahan ajar dalam pembiasan pembelajaran kitab di MTs Miftahul Falaah Kota Kediri karena kandungan nilai-nilai moral dan spiritual yang kuat. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana implementasi pembelajaran kitab tersebut dapat menjadi upaya strategis dalam membentuk karakter Islami siswa melalui pembiasaan nilai-nilai seperti tawadhu’, sabar, menjaga lisan, dan sopan santun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru pembimbing, siswa, dan tenaga kependidikan di MTs Miftahul Falaah. Fokus penelitian mencakup empat aspek utama, yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil pembelajaran kitab Washoya sebagai media penguatan akhlakul karimah. Data dianalisis menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kitab dilakukan secara sistematis dan kontekstual, menggunakan metode bandongan, sorogan, ceramah, serta refleksi nilai. Evaluasi dilaksanakan baik secara akademik maupun non-akademik. Pembelajaran kitab ini terbukti berhasil menumbuhkan akhlakul karimah siswa, yang terlihat dari perubahan sikap mereka dalam bersikap rendah hati, sabar dalam belajar, menjaga tutur kata, serta lebih sopan dalam berinteraksi. Dengan demikian, pembelajaran Kitab Washoya al-Aabaa’ Li al-Abnaa’ menjadi strategi yang efektif dalam penguatan akhlakul karimah siswa pada lingkungan madrasah formal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ALDIAN MAULANA PUTRA
Date Deposited: 01 Aug 2025 07:04
Last Modified: 01 Aug 2025 07:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18634

Actions (login required)

View Item View Item