Efektivitas Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Perilaku Patuh Siswa: Studi Single Subject Research Di MTs Miftahul Ulum

Fatimah, Nayla Rahma Al (2025) Efektivitas Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Perilaku Patuh Siswa: Studi Single Subject Research Di MTs Miftahul Ulum. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201048_prabab.pdf

Download (804kB)
[img] Text
21201048_bab1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
21201048_bab2.pdf

Download (517kB)
[img] Text
21201048_bab3.pdf

Download (523kB)
[img] Text
21201048_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
21201048_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
21201048_bab6.pdf

Download (390kB)
[img] Text
21201048_daftarpustaka.pdf

Download (357kB)
[img] Text
21201048_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21201048_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (190kB)

Abstract

Al Fatimah, Nayla Rahma. Dosen Pembimbing Nila Zaimatus Septiana, M. Pd dan Maimunatun Habibah M.Pd.I. Efektivitas Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Perilaku Patuh Siswa: Studi Single Subject Research Di MTs Miftahul Ulum. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci : Teknik Modelling, Perilaku Patuh, Single Subject Research. Proses belajar mengajar melibatkan interaksi antara guru, siswa, metode, dan lingkungan pembelajaran. Perbedaan karakter dan gaya belajar siswa menjadi tantangan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Observasi di MTs Miftahul Ulum menunjukkan siswa cenderung tidak patuh karena kejenuhan belajar. Padatnya jadwal dan metode yang kurang menarik memicu perilaku seperti mengobrol dan melamun. Perilaku tersebut termasuk dalam Disruptive Classroom Behaviors (DCB) yang mengganggu pembelajaran. Teknik modelling menjadi solusi untuk menanamkan perilaku patuh melalui keteladanan. Teknik modelling dipilih karena memungkinkan siswa belajar melalui observasi dan peniruan perilaku yang ditampilkan oleh model, sehingga diharapkan dapat membentuk sikap patuh dalam konteks pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Keunikan penelitian ini terletak pada penggunaan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B, yang memungkinkan pengamatan mendalam terhadap perubahan perilaku secara individual melalui fase baseline dan intervensi. Instrumen utama dalam pengumpulan data adalah lembar observasi berbasis skala Gutman yang mencatat perubahan perilaku siswa dalam aspek kepatuhan sebelum diberikan intervensi dan ketika diberikan intervensi. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa yang teridentifikasi memiliki perilaku kurang patuh. Data dianalisis secara visual melalui grafik untuk melihat signifikansi perubahan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik modelling efektif dalam meningkatkan perilaku patuh siswa di MTs Miftahul Ulum. Sebelum intervensi, kedua subjek menunjukkan tingkat kepatuhan yang rendah dan belum konsisten, ditandai dengan fluktuasi data dan skor rendah pada fase baseline. Setelah diberikan intervensi berupa video keteladanan dan peragaan langsung (live modelling), terjadi peningkatan signifikan dalam perilaku patuh, ditunjukkan oleh grafik kecenderungan arah yang meningkat, skor rata-rata yang lebih tinggi, serta tidak adanya overlap data antar fase. Skor pretest DN dan FD meningkat masing-masing dari 40% ke 70% dan dari 30% ke 60% pada posttest. Temuan ini sejalan dengan teori pembelajaran sosial Bandura, bahwa siswa dapat meniru perilaku positif dari model yang diamati. Dengan demikian, teknik modelling dapat menjadi strategi efektif dalam membentuk perilaku patuh siswa terhadap guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NAYLA RAHMA AF
Date Deposited: 01 Aug 2025 07:04
Last Modified: 01 Aug 2025 07:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18633

Actions (login required)

View Item View Item