Peran Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Cicil Emas (Studi pada BSI KC Jombang Cempaka Mas)

Pramudita, Ratri (2025) Peran Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Cicil Emas (Studi pada BSI KC Jombang Cempaka Mas). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20402056_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20402056_bab1.pdf

Download (623kB)
[img] Text
20402056_bab2.pdf

Download (569kB)
[img] Text
20402056_bab3.pdf

Download (558kB)
[img] Text
20402056_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text
20402056_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
20402056_bab6.pdf

Download (531kB)
[img] Text
20402056_daftarpustaka.pdf

Download (516kB)
[img] Text
20402056_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
20402056_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (189kB)

Abstract

Ratri Pramudita. 20402056 Dosen Pembimbing Ibu Nilna Fauza, MHI dan Ibu Erni Zulfa Arini, M.M : “PERAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK CICIL EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK CICIL EMAS (Studi Pada BSI KC Jombang Cempaka Mas)”, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Cicil Emas, Meningkatkan Jumlah Nasabah. Strategi pemasaran memiliki peran penting dalam meningkatkan jumlah nasabah produk cicil emas, khususnya di BSI KC Jombang Cempaka Mas. Dengan tren kenaikan harga emas, masyarakat semakin tertarik menjadikannya sebagai investasi, sehingga banyak lembaga keuangan syariah berlomba-lomba menawarkan produk cicil emas. Sehingga terjadi persaingan bisnis yang semakin ketat untuk menuntut strategi pemasaran yang efektif agar produk cicil emas tetap menjadi pilihan utama nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan pihak terkait seperti tim pemasaran pawning officer, back office dan juga beberapa nasabah. Peneliti turut memastikan keabsahan data dengan berpartisipasi langsung, menentukan fokus pengamatan dalam observasi, serta menerapkan triangulasi. Proses penelitian ini meliputi beberapa tahap, yaitu tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa, dan tahap penulisan laporan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam memasarkan produk cicil emas di BSI KC Jombang Cempaka Mas dikatakan efektif, karena sudah menerapkan dan menggunakan konsep strategi pemasaran ekstensifikasi dan strategi pemasaran intensifikasi dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran 7P sebagai praktek pemasarannya (product, price, place, promotion, process, people, physical evidence) yang sesuai dengan peningkatan jumlah nasabah produk cicil emas di BSI KC Jombang Cempaka Mas. Produk yang digunakan BSI KC Jombang Cempaka Mas merupakan logam mulia emas Antam, dimana emas Antam sudah memiliki sertifikat internasional. Produk cicil emas di BSI KC Jombang Cempaka Mas memiliki harga yang murah dan terjangkau bagi masyarakat serta memiliki jangka waktu yang fleksibel. Adapun lokasi untuk pembiayaan yaitu dapat langsung ke kantor BSI KC Jombang Cempaka Mas atau bisa melalui fitur pembiayaan di aplikasi Byond by BSI. Selain itu, BSI KC Jombang Cempaka Mas juga melakukan promosi di berbagai instansi, menyebar brosur, melalui WA Blast, story WA pada setiap harinya, dan lain sebagainya. Sehingga dengan sistem pemasaran tersebut akan memudahkan dan meringankan masyarakat dalam mencicil pembiayaan emas. Oleh sebab itu, nasabah produk cicil emas di BSI KC Jombang Cempaka Mas mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Dimana nasabah produk cicil emas BSI KC Jombang Cempaka Mas di dominasi oleh rentang usia 25-45 tahun. Selain itu, BSI KC Jombang Cempaka Mas akan terus mengedukasi masyarakat agar dapat melek/paham mengenai bagaimana menguntungkannya berinvestasi emas ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: RATRI PRAMUDITA
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:35
Last Modified: 04 Aug 2025 04:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18628

Actions (login required)

View Item View Item