Self Efficacy dalam Pembelajaran Muhadatsah pada siswa MA Ummul Akhyar Tulungagung

Hidayah, Sohibatul (2025) Self Efficacy dalam Pembelajaran Muhadatsah pada siswa MA Ummul Akhyar Tulungagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21203099_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203099_bab 1.pdf

Download (506kB)
[img] Text
21203099_bab 2.pdf

Download (631kB)
[img] Text
21203099_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
21203099_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text
21203099_bab 5.pdf

Download (278kB)
[img] Text
21203099_Daftar Pustaka.pdf

Download (323kB)
[img] Text
21203099_hilda.pdf

Download (221kB)

Abstract

Kemampuan berbicara bahasa Arab atau maharah kalam merupakan keterampilan penting dalam penguasaan bahasa Arab, dan muhadatsah menjadi salah satu bentuk aplikasinya di lingkungan pembelajaran. Namun, kenyataannya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berbicara karena kurangnya rasa keyakinan diri jika mampu melakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-efficacy siswa dalam pembelajaran muhadatsah serta faktor-faktor yang memengaruhinya di MA Ummul Akhyar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain sequential explanatory, yakni dengan mengumpulkan data kuantitatif melalui angket, kemudian dilanjutkan dengan wawancara sebagai data kualitatif. Data kualitatif ini digunakan untuk memperkuat temuan data kuantitatif pada slf efficacy siswa serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self-efficacy siswa secara umum berada pada kategori tinggi, dengan indikator strength menjadi yang paling dominan. Selain itu, self-efficacy siswa dipengaruhi oleh empat faktor utama menurut teori Bandura, yaitu pengalaman langsung, pengalaman tidak langsung, persuasi verbal, serta kondisi emosional dan fisiologis. Dari keempat faktor tersebut, pengalaman langsung (mastery experience) dan pengalaman tidak langsung (vicarious experience) merupakan faktor yang paling kuat membentuk keyakinan diri siswa dalam berbicara bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: SOHIBATUL HIDAYAH
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:13
Last Modified: 31 Jul 2025 06:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18623

Actions (login required)

View Item View Item