Suci, Febri Ulan (2018) Analisis perilaku produsen tempe ditinjau dari sosiologi ekonomi islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
93133014-PRABAB.pdf Download (964kB) |
|
Text
93133014 - BAB I.pdf Download (287kB) |
|
Text
93133014 - BAB II.pdf Download (336kB) |
|
Text
93133014 - BAB III.pdf Download (110kB) |
|
Text
93133014 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
Text
93133014 - BAB V.pdf Download (195kB) |
|
Text
93133014 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
|
Text
93133014-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Teori perilaku produsen adalah teori yang membahas tentang bagaimana produsen mendayagunakan sumber daya yang ada agar diperoleh keuntungan optimal. Tindakan ekonomi sebagai suatu tindakan sosial dapat dirujuk pada konsep sosiologi ekonomi Islam tindakan tersebut memperhatikan tingkah laku orang lain yang membawa pengaruh kebaikkan. Bersama dengan berjalannya waktu yang semakin modern menuntut perubahan perilaku produsen untuk melakukan suatu inovasi terhadap produknya. Akan tetapi adanya perubahan perilaku para produsen dalam kegiatan produksinya bukan hanya perilaku yang menunjukkan suatu kemajuan, akan tetapi perilaku yang menunjukkan suatu kemunduran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku produsen tempe serta untuk mendiskripsikan tinjauan Sosiologi Ekonomi Islam terhadap perilaku produsen tempe di Desa Wonokerto Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Lokasi penelitian dilakuka di Desa Wonokerto Kec. Plemahan Kab. Kediri. Sumber data utama penelitian ini adalah sumber data primer yang didapatkan langsung dari informan. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen pemerintah Desa Wonokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian perilaku produsen mencampur ketela, pepaya, kedelai lokal atau jagung saat membuat tempe, perilaku produsen saat menjual tempe busuk dengan kualitas tidak baik merupakan tindakan rasional karena dipengaruhi oleh faktor eksternal, tetapi perilaku produsen yang menjelek-jelekkan saingannya saat berinteraksi dengan konsumen merupakan tindakan irrasional karena dipengaruhi oleh faktor individualis dan emosional. Faktor eksternal dan Individu tersebut telah mempengaruhi perilaku produsen didalam sosiologi masyarakat sehingga rata-rata produsen telah berperilaku tidak sesuai dengan sosiologi ekonomi Islam. Akan tetapi masih ditemukan beberapa prousen yang telah berperilaku baik yaitu bekerja keras sesuai ekonomi syariah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa meninggalkan sholat 5 waktu dan bersedekah. Serta mampu mengelola limbah tanpa mencemari lingkungan sehingga dapat menjaga hubungannya dengan sesame serta hubungan baiknya dengan Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 03:16 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 03:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1862 |
Actions (login required)
View Item |