Evaluasi Model CIPP (Context, Input, Process, Dan Product) Pada Program Adiwiyata di SMAN 1 Grogol

Apriliana, Femia Birtha (2025) Evaluasi Model CIPP (Context, Input, Process, Dan Product) Pada Program Adiwiyata di SMAN 1 Grogol. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205047_prabab.pdf

Download (999kB)
[img] Text
21205047_bab1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
21205047_bab2.pdf

Download (349kB)
[img] Text
21205047_bab3.pdf

Download (335kB)
[img] Text
21205047_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21205047_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
21205047_bab6.pdf

Download (208kB)
[img] Text
21205047_daftarpustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
21205047_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya implementasi program Adiwiyata yang bertujuan mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Untuk mengetahui sejauh mana program Adiwiyata telah mencapai target yang ditetapkan perlu dilakukan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi konteks, input, proses, dan produk dari pelaksanaan program Adiwiyata.Peneliti melakukan penelitian program Adiwiyata di SMAN 1 Grogol, untuk melaksanakan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Komponen konteks program Adiwiyata di SMAN 1 Grogol meliputi (a) Latar belakang pelaksanaan yang didasari kebijakan dari pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang bersih, (b) Tujuan diterapkannya program Adiwiyata untuk menciptakan SDM yang peduli, mendapatkan edukasi ramah lingkungan, dan menciptakan kondisi belajar yang nyaman. 2) Komponen input dari pelaksanaan program Adiwiyata meliputi dukungan materi lingkungan hidup yang diintegrasikan ke dalam kokurikuler melalui P5, adanya tim Adiwiyata, tersedia sarana prasarana dan dana. 3) Komponen proses program Adiwiyata yaitu a) Pelaksanaan visi, misi, dan tujuan sekolah ke arah perlindungan lingkungan hidup,b)Pembelajaran lingkungan hidup melalui P5 dengan tema gaya hidup berkelanjutan, mata pelajaran prakarya melalui pembuatan kerajinan tangan yang memanfaat sampah plastik, dan menyisipkan pada mata pelajaran yang sesuai, c) Kegiatan berbasis partisipatif melalui kegiatan lomba kebersihan kelas, kegiatan kreativitas dan inovasi, dan aksi lingkungan hidup, d) Pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran lingkungan hidup, pengelolaan air, dan sistem pengelolaan sampah, e) Faktor pendukungnya yaitu komitmen warga sekolah, sarana prasarana, dan kerja sama dengan pihak luar, sedangkan faktor penghambatnya adalah dana dan kantin yang masih menggunakan plastik. 4) Komponen produk program Adiwiyata yaitu visi, misi, dan tujuan sekolah sudah terealisir dengan mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata, lingkungan belajar yang nyaman, memperoleh edukasi lingkungan hidup, menghasilkan karya dan peserta didik yang terampil berwirausaha.Kata Kunci:Evaluasi Program, Program Adiwiyata, Model CIPP.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FEMIA BIRTHA APRILIANA
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:38
Last Modified: 07 Aug 2025 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18619

Actions (login required)

View Item View Item