TIGE-AR: E-Komik Berbasis Augmented Reality dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI

Fathussunah, Aditiya (2025) TIGE-AR: E-Komik Berbasis Augmented Reality dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204004_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21204004_bab1.pdf

Download (232kB)
[img] Text
21204004_bab2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
21204004_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
21204004_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
21204004_bab5.pdf

Download (109kB)
[img] Text
21204004_daftarpustaka.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian mengenai pengembangan media e-komik berbasis Augmented Reality dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, khususnya di MAN 1 Kota Kediri. Pembelajaran matematika di sekolah tersebut masih menggunakan media yang sederhana sehingga siswa cenderung merasa bosan dan kurang mampu mengerjakan soal-soal berbasis pemecahan masalah. Padahal MAN 1 Kota Kediri telah menerapkan pembelajaran digital dengan diperbolehkannya siswa membawa smartphone. Oleh karena itu, dikembangkan media e-komik berbasis AR “TIGE-AR” dengan pendekatan Problem Based Learning. Dimana media yang dikembangkan akan dievaluasi dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE melalui lima tahapan penelitian yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 8 siswa kelas XI-C sampai XI-F, 36 siswa kelas XI-A sebagai kelas eksperimen, dan 36 siswa kelas XI-B sebagai kelas kontrol. Seluruh subjek penelitian merupakan siswa di MAN 1 Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media “TIGE-AR” memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi, ditinjau dari segi materi memperoleh skor rata-rata 94 (sangat valid), dari segi media memperoleh skor rata-rata yang adalah 90,33 (sangat valid), dan validasi instrumen tes menunjukkan skor rata-rata 94,16 (sangat valid). Dalam aspek kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 97,33 (sangat praktis), serta respon siswa pada uji coba skala kecil mencapai rata-rata 83,69% (sangat praktis) dan pada uji coba skala besar sebesar 82,12% (sangat praktis). Sedangkan pada aspek keefektifan rata-rata skor pada uji coba skala kecil adalah 87,08 kemudian kelas eksperimen mencapai 86,71, jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya 57,41. Berdasarkan kemampuan pemecahan masalah, kelas eksperimen memperoleh skor 87% (sangat tinggi), sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 57% (sedang), sehingga media ini dinilai efektif dalam mencapai kemampuan siswa. Selain itu, uji non-parametrik Mann Whitney U menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), yang menandakan adanya perbedaan hasil tes kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kemampuan awal siswa pada kedua kelas tersebut setara, yang dibuktikan melalui Independent Sample t-Test dengan nilai signifikansi 0,518 (>0,05). Untuk pengembangan selanjutnya, disarankan agar media ini dikembangkan dalam platform iOS serta dikombinasikan dengan materi dan model pembelajaran lain yang berbasis pendekatan kooperatif atau konstruktivistik sebagai inovasi tambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010204 Dynamical Systems in Applications (Sistem Dinamis dalam Aplikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Aditiya Fathussunah
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:18
Last Modified: 31 Jul 2025 06:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18604

Actions (login required)

View Item View Item