Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswi EkonomiSyariah 2014 IAIN Kediri Dalam Pembelian Produk Pakaian Serba 35 Kota Kediri Perspektif Etika Konsumsi Islam

M, Alifi Alfi Syarifatul (2018) Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswi EkonomiSyariah 2014 IAIN Kediri Dalam Pembelian Produk Pakaian Serba 35 Kota Kediri Perspektif Etika Konsumsi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931328614_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931328614_bab1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
931328614_bab2.pdf

Download (169kB)
[img] Text
931328614_bab3.pdf

Download (39kB)
[img] Text
931328614_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
931328614_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
931328614_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
931328614_daftar pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
931328614_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya, berbelanja merupakan kesenangan bagi semua orang. Seseorang berbelanja untuk memperoleh barang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Berbelanja sah-sah saja asal masih dalam tahap yang wajar. Dikatakan tidak wajar apabila seseorang berbelanja bukan karena kebutuhan, melainkan hanya karena kesenangan semata tanpa berpikir rasional yang disebut dengan perilaku konsumtif. Pakaian merupakan ekspresi tentang cara hidup. Islam tidak secara ekstrim mengatakan, setiap individu tidak mempunyai hak untuk memiliki harta benda, namun Islam tetap mengakui adanya kepemilikan individu serta ditentukan bagaimana cara untuk mengolah dan memanfaatkannya. Pemilihan produk pakaian serba 35 sebagai objek penelitian karena saat ini sangat mudah ditemukan dipasaran dan lebih cenderung dikonsumsi oleh mahasiswi Ekonomi Syariah daripada baju dengan brand-brand ternama. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini metode wawancara digunakan untuk menanyakan kondisi perekonomian mahasiswi, pengetahuan mahasiswi mengenai konsep etika konsumsi dalam islam, kesadaran dan motivasi mahasiswi ekonomi syariah terhadap perilaku konsumtif ketika mahasiswi melakukan pembelian produk pakaian serba 35. Kemudian data dianalisis dengan cara menelaah data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perilaku mahasiswi Ekonomi Syariah 2014 di perngaruhi oleh factor pendorong dan factor yang mempengaruhi terjadinya perilaku konsumtif tersebut, diantaranya : persepsi, keluarga, motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, pembelajaran, kelompok usia, gaya hidup, dan keadaan ekonomi. Sedangkan factor yang mempengaruhi terjadinya perilaku konsumtif mahasiswi ekonomi syariah yaitu : pendapatan, harga-harga barang yang dikonsumsi, ikut-ikutan, dan ingin dipuji tampil beda. Dilihat dari perilaku mahasiswi Ekonomi Syariah dalam membelanjakan hartanya untuk berbelanja produk baju serba 35 jika dihubungkan dengan pengetahuan mereka tentang etika konsumsi dalam islam sangatlah bagus, namun jika dikaitkan dengan fakta nyata kehidupan sehari-hari mereka belum sempurna, dalam artian para mahasiswi ekonomi syariah angkatan 2014 masih belum menerapkan sesuai dengan kaidah yang ada, yakni masih terdapat mahasiswi yang melakukan tindakan boros dan bahkan berlebih-lebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:33
Last Modified: 07 Dec 2020 03:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1860

Actions (login required)

View Item View Item