Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Soft Skill Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Kelas VIII Siswa MTsN 4 Kediri Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2024/2025

Khuriatul, Sinta (2025) Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Soft Skill Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Kelas VIII Siswa MTsN 4 Kediri Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Prabab_21201250.pdf

Download (605kB)
[img] Text
21201250_Bab 1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
21201250_Bab 2.pdf

Download (657kB)
[img] Text
21201250_Bab 3.pdf

Download (319kB)
[img] Text
21201250_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
21201250_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
21201250_Bab 6.pdf

Download (290kB)
[img] Text
21201250_daftarpustaka.pdf

Download (409kB)
[img] Text
21201250_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
21201250_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi..pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK SINTA KHURIATUL FADILLAH AL WAHDA , Dosen Pembimbing Bapak Prof. Dr. Muhammad Yasin,, MPd dan Nurul Ahsin, M.Pd.I, Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Soft Skill Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Kelas VIII Siswa MTSN 4 Kediri Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2024/2025, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Soft Skill, Sejarah Kebudayaan Islam, Pembelajaran Aktif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengelolalaan emosi terhadap remaja dalam beradaptasi social, yang berdampak pada kurang optimalnya kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 4 Kediri yang merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Kediri yang siswanya memiliki keberagaman keterampilan dalam berpikir kritis, terkhusus kelas VIII. Oleh karena itu, dibutuhkan peran guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengatasi kondisi cara berfikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.)Mengapa berpikir kritis perlu dikembangankan dalam soft skill pada mata perlajaran sejarah kebudayaan islam kelas VIII siswa MTsN 4 Kediri Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri, 2 .)Bagaimana cara pengembangan berpikir kritis dalam soft skill pada mata pelajaran sejarah kebudayan islam kelas VIII siswa MTsN 4 Kediri Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri, 3 .)Faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan berpikir kritis dalam soft skill pada mata pelajaran sejarah kebudayan islam kelas VIII siswa MTsN 4 Kediri Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan adanya ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan berpikir kritis dalam soft skill sangat penting diterapkan dalam pembelajaran SKI untuk membentuk karakter, nalar, dan kecerdasan sosial siswa, berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pembelajaran aktif, diskusi kelompok, metode studi kasus, dan pelatihan komunikasi dalam pembelajaran SKI. Keterlibatan siswa dalam menganalisis konteks sejarah, mengevaluasi informasi, serta menyampaikan argumen berbasis fakta menjadi indikator utama perkembangan berpikir kritis. Faktor pendukung meliputi metode pembelajaran guru yang partisipatif, suasana kelas yang kondusif, serta motivasi siswa. Sementara itu, hambatan yang ditemukan adalah kurangnya penekanan guru pada aspek berpikir kritis dan rendahnya kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Berpikir kritis penting dalam pembelajaran SKI untuk membentuk karakter dan nalar siswa. Pengembangannya didukung metode aktif dan peran guru, namun terhambat oleh kurangnya penekanan dan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SINTA KHURIATUL FADILLAH AL-WAHDA
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:25
Last Modified: 08 Sep 2025 02:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18570

Actions (login required)

View Item View Item