Evaluasi program Tahfidz Al-Qur'an Berbasis CIPP di Ma'had Al- Jami'ah Darul Hikmah IAIN Kediri

Wuri, Laily Mayang (2025) Evaluasi program Tahfidz Al-Qur'an Berbasis CIPP di Ma'had Al- Jami'ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201135_prabab(2).pdf

Download (8MB)
[img] Text
21201135_bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201135_bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201135_bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201135_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21201135_ bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img] Text
21201135_bab 6.pdf

Download (855kB)
[img] Text
21201135_Daftar Pustaka.pdf

Download (826kB)
[img] Text
21201135_ Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi Program Tahfidzul Qur’an di Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri dengan menggunakan model CIPP untuk mengetahui efektivitas program Tahfidz Al-Qur’an dari segi konteks, sumber daya, pelaksanaan, dan hasil. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). mendeskripsikan evaluasi komponen konteks (Context) pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Ma’ had Al-Jami’ ah Darul Hikmah IAIN Kediri. 2). mendeskripsikan evaluasi komponen Input (Input) pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an di Ma’ had AlJami’ ah Darul Hikmah IAIN Kediri. 3). mendeskripsikan evaluasi komponen Proses (Process) pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an di Ma’ had Al-Jami’ ah Darul Hikmah IAIN Kediri. dan 4). evaluasi komponen product pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an di Ma’ had Al-Jami’ ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi program. dengan model CIPP (contex, Input, Process, product). Peneliti mengumpulkan data yang berasal dari wawancara santri, pengelola Ma’ had, musyrifah, serta observasi dan dokumentasi terkait pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dijaga dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Dalam evaluasi Context, Ma’had memberikan dukungan nyata melalui penyediaan pendamping hafalan (ustadzah), fasilitas ruangan yang memadai. 2). Dalam evaluasi Input, program ini telah memiliki dukungan sumber daya yang cukup relevan dan signifikan, baik dari segi kualitas pengajar, fasilitas penunjang, sistem pembelajaran, hingga strategi motivasional. 3). Dalam evaluasi Process, ustadzah menggunakan metode talaqqi, memberikan evaluasi juga melalui Tasmi’ dan Ujian Tahfidz untuk menilai kelancaran, tajwid, fashohah, dan capaian hafalan santri. 4). Dalam evaluasi Produc, diperoleh hasil bahwa dari 45 santri, 23 santri berhasil mencapai target hafalan, sementara 22 santri belum mencapai target hafalan. Adapun kendala pada santri yang belum mencapai target hafalan, yaitu kurangnya mengatur jadwal, kesulitan dalam membaca, lemahnya daya ingatan, dan munculnya rasa malas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILY MAYANG WURI
Date Deposited: 30 Jul 2025 07:06
Last Modified: 30 Jul 2025 07:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18566

Actions (login required)

View Item View Item