Munawaroh, Siti (2025) Manajemen peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205026_prabab.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text
21205026_bab1.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
21205026_bab2.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
21205026_bab3.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
21205026_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
![]() |
Text
21205026_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text
21205026_bab6.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
21205026_daftarpustaka.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
21205026_lampiran.pdf Download (911kB) |
![]() |
Text
21205026_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri. Kegiatan ekstrakurikuler adalah sarana untuk meningatkan prestasi non akademik siswa. Fokus penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan manajemen peserta didik dilakukan secara sistematis mencakup analisis kebutuhan siswa yang mencakup penentuan daya tampung kelas dan jumlah rombel pada tiap jenjang dan penyusunan program yang meliputi program-program ekstrakurikuler yang ada di sekolah; Pelaksanaan manajemen peserta didik meliputi penerimaan peserta didik baru, orientasi (MPLS), pengaturan kehadiran, pembinaan non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler, evaluasi hasil belajar pada bidang akademik dan non akademik, penanganan mutasi siswa, dan pengelolaan kelulusan dan alumni; Evaluasi dilakukan secara berkala yang dilakukan sebelum tahun ajaran baru oleh pihak sekolah untuk mengetahui efektivitas program yang kemudian digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dan perbaikan berkelanjutan. Manajemen peserta didik yang terencana dan terlaksana dengan baik terbukti mampu meningkatkan prestasi non akademik melalui keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dengan demikian, penerapan manajemen peserta didik yang optimal menjadi faktor penting dalam pencapaian tujuan pendidikan di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Munawaroh |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:42 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |