Ainin, Arfina Faiyatul (2025) Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTsN 6 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205101_PRAAA BAB.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
21205101_Bab 1 (1).pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
21205101_Bab 2.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
21205101_Bab 3 (1).pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
21205101_Bab 4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21205101_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21205101_Bab 6.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
21205101_Daftar Pustaka.pdf Download (126kB) |
Abstract
ARFINA FAIYATUL AININ, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Muawanah, M.Pd dan Siska Yulia Wenny, M.Ak, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTsN 6 Nganjuk, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 6 Nganjuk. Manajemen sarana dan prasarana yang efektif mencakup perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan inventarisasi, yang keseluruhannya berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, efisien, dan menunjang pencapaian prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, guru, dan staf terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan berdasarkan hasil evaluasi kebutuhan setiap tahun ajaran baru melalui musyawarah bersama; (2) Pengadaan dilakukan secara bertahap melalui dana BOS dan bantuan lain, mengacu pada skala prioritas kebutuhan belajar siswa; (3) Pemanfaatan sarana dan prasarana dioptimalkan oleh guru dan siswa untuk mendukung kegiatan pembelajaran berbasis praktik maupun teori; (4) Pemeliharaan dilaksanakan secara berkala oleh pihak madrasah bersama warga sekolah agar fasilitas tetap dalam kondisi baik; dan (5) Inventarisasi dilakukan secara terstruktur melalui pencatatan dan pelaporan yang rapi dalam buku inventaris dan sistem digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ARFINA FAIYATUL AININ |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |