Pengaruh media pembelajaran berbasis website wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Mtsn 9 Kediri

Hidayah, Alifah Nur (2025) Pengaruh media pembelajaran berbasis website wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Mtsn 9 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIN KEDIRI.

[img] Text
21201105_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
21201105_bab1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
21201105_bab2.pdf

Download (737kB)
[img] Text
21201105_bab3.pdf

Download (493kB)
[img] Text
21201105_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
21201105_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
21201105_bab6.pdf

Download (226kB)
[img] Text
21201105_daftarpustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Surat Peryataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)

Abstract

ALIFAH NUR HIDAYAH, NIM 21201105 “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Mtsn 9 Kediri”, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis website Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTsN 9 Kediri. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, khususnya pada materi Shalat Jama’ dan Qashar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-J sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Wordwall dan kelas VII-K sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Hasil analisis thitung dalam penelitian ini adalah 2.249 dengsn n-31 sedangkan nilai ttabel untuk df= 29 dengan taraf signifikan a= 0,05 sebesar 2.002, dengan (2.249 > 2.002). Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis website Wordwall berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Wordwall, Hasil Belajar, Fiqih, Shalat Jama’ dan Qashar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ALIFAH NUR HIDAYAH
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:55
Last Modified: 22 Sep 2025 02:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18534

Actions (login required)

View Item View Item