Sutanti, Rahmania (2025) Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Mtsn 8 Kediri Dengan Gender Sebagai Variabel Moderator. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204037_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21204037_bab1.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
21204037_bab2.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
21204037_bab3.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
21204037_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
![]() |
Text
21204037_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
![]() |
Text
21204037_bab6.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
21204037_daftar pustaka.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
21204037_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
21204037_pernyataan upload karya ilmiah.pdf Download (136kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki dan dikembangkan bagi setiap peserta didik demi menggapai pengetahuan dan hasil belajar matematika yang baik. Berdasarkan hasil Wawancara dengan guru Matematika kelsa VIII di MTsN 8 Kediri, didapat bahwa kemampuan komunikasi matematika disebagian besar siswa kelas VIII tergolong rendah. Hal tersebut kemungkinann besar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pada kenyataannya, ada sejumlah faktor yang dapat berdampak pada kemampuan komunikasi matematika siswa, di antaranya adalah kecemasan matematika dan kemandirian belajar. Selain itu, gender juga sering ditemui dalam menganalisis adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari kecemasan matematis dan kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa MTsN 8 Kediri dengan gender sebagai variabel moderator. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 8 Kediri dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sebanyak 155 siswa laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes berupa instrumen angket kecemasan matematis dan kemandirian belajar serta teknik tes dengan instrumen tes kemampuan komunikasi matematika dalam materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Analisis data dilakukan dengan statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi dan uji hipotesis berupa analisis jalur dalam kerangka model SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kecemasan matematis dan kemandirian belajar secara simultan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri serta terdapat pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri. Namun, kecemasan matematis didapat tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri serta gender tidak mampu memoderatori pengaruh dari kecemasan matematis maupun kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Kediri. Hasil tersebut menegaskan bahwa kemandirian belajar memiliki peran krusial dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa, sementara kecemasan matematis tidak berpengaruh secara langsung, dan gender tidak terbukti sebagai faktor yang memoderasi hubungan antara keduanya, sehingga upaya penguatan komunikasi matematika sebaiknya difokuskan pada pengembangan kemandirian belajar tanpa membedakan gender.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Rahmania Sutanti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 07:26 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 07:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |