Implementasi metode takzir untuk meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren Avissina Kota Kediri

Rahman, M. Habibur (2025) Implementasi metode takzir untuk meningkatkan kedisiplinan santri di pondok pesantren Avissina Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201187_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201187_bab1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
21201187_bab2.pdf

Download (316kB)
[img] Text
21201187_bab3.pdf

Download (253kB)
[img] Text
21201187_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
21201187_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
21201187_bab6.pdf

Download (157kB)
[img] Text
21201187_daftarpustaka.pdf

Download (121kB)
[img] Text
21201187_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
21201187_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

M. Habibur Rahman, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Muhamad Yasin, M.Pd. dan Muhammad Nabhani, M.H., Implementasi Metode Takzir Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Avissina Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Takzir, Disiplin Santri, Pondok Pesantren, Pendidikan Karakter, Kegiatan Keagamaan. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kedisiplinan santri. Di tengah perkembangan zaman, pesantren tetap mempertahankan metode-metode tradisional yang telah terbukti efektif dalam mendidik santri, salah satunya adalah metode takzir. Metode ini berupa pemberian sanksi yang bersifat mendidik untuk membentuk sikap tanggung jawab, kepatuhan terhadap tata tertib, serta menumbuhkan kesadaran moral dalam diri santri. Pondok Pesantren Avissina Kota Kediri adalah salah satu pondok yang menerapkan metode takzir dalam kehidupan santrinya, khususnya untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menjalani aktivitas keagamaan seperti shalat berjamaah, pengajian kitab kuning, dan kegiatan diniah lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup pengasuh pondok, pengurus, ustadz, serta santri Pondok Pesantren Avissina. Peneliti melakukan pengamatan langsung di lokasi untuk memperoleh data yang relevan mengenai bentuk takzir, implementasi metode tersebut dalam kehidupan pesantren, serta dampaknya terhadap perilaku dan kedisiplinan santri. Data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode takzir di Pondok Pesantren Avissina Kota Kediri memberikan dampak positif terhadap peningkatan kedisiplinan santri. Metode takzir diterapkan dalam bentuk hukuman non-fisik yang bersifat edukatif, seperti membaca surat Yasin, membayar denda, atau membersihkan fasilitas pondok, yang disesuaikan dengan jenis pelanggaran. Pelaksanaan takzir dilakukan secara konsisten dan proporsional, serta diiringi dengan pembinaan moral dan bimbingan spiritual oleh pengurus pondok. Santri tidak hanya menjadi lebih tertib dalam mengikuti kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah dan pengajian kitab kuning, tetapi juga menunjukkan peningkatan tanggung jawab, ketaatan, dan kesadaran diri terhadap aturan. Metode ini terbukti efektif tidak hanya sebagai alat kontrol sosial, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter dan internalisasi nilai-nilai kedisiplinan Islam dalam kehidupan sehari-hari santri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Habibur Rahman
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:32
Last Modified: 08 Aug 2025 02:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18443

Actions (login required)

View Item View Item