Ananda, Vidya (2025) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SD NU Insan Qurani Gedangsewu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932115318_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
932115318_bab1.pdf Download (749kB) |
![]() |
Text
932115318_bab2.pdf Download (759kB) |
![]() |
Text
932115318_bab3.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
932115318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
![]() |
Text
932115318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text
932115318_bab6.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
932115318_daftar_pustaka.pdf Download (132kB) |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan menanamkan nilai-nilai keislaman sejak usia dini. Dalam konteks ini, perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajarah harus terintegrasi secara sistematis dan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di SD NU Insan Qurani Gedangsewu, khususnya terkait keterbatasan media pembelajaran berbasis teknologi dan dominasi metode ceramah dalam penyampaian materi. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran PAI di sekolah tersebut dilakukan oleh para guru, serta sejauh mana efektivitasnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan tiga guru PAI dan beberapa siswa, observasi langsung terhadap proses pembelajaran di kelas, serta studi dokumentasi terhadap perangkat pembelajaran seperti RPP. Untuk menjaga validitas dan keabsahan data, digunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran PAI telah disusun sesuai dengan Kurikulum 2013, dengan menyesuaikan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), serta karakteristik peserta didik. Perencanaan dilakukan secara mandiri oleh guru dan dikonsultasikan melalui forum KKG. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, praktik ibadah, bercerita, dan menyanyi, tergantung pada tingkat kelas. Namun, pemanfaatan media digital belum optimal karena keterbatasan sarana dan pelatihan guru. Hasil pembelajaran menunjukkan adanya perkembangan siswa dalam aspek kogniif, afektif, dan psikomotorik, walaupun partisipasi aktif siswa masih kurang dalam pembelajaran yang kurang variatif. Penilaian dilakukan secara komrehensif, dan guru memberikan tindak lanjut bagi siswa yang belum mencapai KKM, meskipun umpan balik terhadap pekerjaan siswa belum berjalan secara konsisten. secara umum, implementasi pembelajaran PAI di SD NU Insan Qurani Gedangsewu sudah berjalan dengan cukup baik, namun masih perlu peningkatan dalam hal inovasi metode dan dukungan teknoloi agar pembelajaran lebih efektif dan menarik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | VIDYA ANANDA |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:10 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |