Aprilia, Retno (2024) Peran Guru Akidah Akhlak Dan Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Berakhlakul Karimah Di Mts Al-Fatah Badas Babupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932135417_prabab.pdf Download (475kB) |
![]() |
Text
932135417_bab1.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
932135417_bab2.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
932135417_bab3.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
932135417_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text
932135417_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
![]() |
Text
932135417_bab6.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
932135417_daftarpustaka.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
932135417_sp.pdf Download (390kB) |
Abstract
Pembentukan karakter merupakan proses membentuk karakter, dari yang awalnya kurang baik menjadi yang lebih baik, sehingga terbentuknya kepribadian yang mulia. Karakter anak perlu dibentuk sejak dini untuk menentukan sikap dan perilaku peserta didik dimasa yang akan datang. Pembentukan karakter peserta didik di MTs Al-Fatah sudah dilakukan oleh setiap guru terutama guru Akidah Akhlak tetapi masih terdapat kendala yang dihadapi. Oleh karena itu, peneliti akan melihat peran Guru Akidah Akhlak dan Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik agar terlahir peserta didik yang mempunyai karakter baik. Focus pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran seorang guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlakul karimah di MTs Al-Fatah Badas Kabupaten Kediri. 2) Bagaimana peran pola asuh orang tua peserta didik di MTs Al-Fatah Badas Kabupaten Kediri. 3) Apa saja factor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlakul karimah di MTs Al-Fatah Badas Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, dengan mengambil latar di MTs Al-Fatah Badas Kabupaten Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi data atau menyimpulkan data. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan observasi,triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah antara lain memberikan tauladan atau contoh yang baik kepada siswa-siswinya, mampu memberikan arahan kepada siswa siswi, menerapkan pembelajaran sikap yang baik kepada sesamanya, menegakkan kedisiplinan siswa, memberi hukuman bagi siswa yang melanggar tata tertib, dan memberikan motivasi dan dorongan terhadap siswa. 2) Peran pola asuh orang tua dalam Membentuk Karakter Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah yaitu dengan memberi contoh dan tauladan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, memberikan perhatian kepada anak, serta memberikan hadiah Ketika anak berprestasi dan memberikan hukuman Ketika anak melakukan kesalahan. 3) Faktor pendukung dalam membentuk karakter peserta didik yaitu keluarga dan orang tua, sedangkan faktor penghambat dalam membentuk karakter siswa yaitu factor lingkungan, media social, waktu yang terbatas untuk komunikasi, dan factor social ekonomi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | RETNO APRILIA |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 08:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |