Pengaruh penerapan artificial intelligence terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayan islam kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk

Mustofa, Ahmad (2025) Pengaruh penerapan artificial intelligence terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayan islam kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201207_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21201207_bab1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
21201207_bab2.pdf

Download (451kB)
[img] Text
21201207_bab3.pdf

Download (405kB)
[img] Text
21201207_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
21201207_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
21201207_bab6.pdf

Download (298kB)
[img] Text
21201207_daftarpustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text
21201207_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (195kB)

Abstract

AHMAD MUSTOFA: 21201207, Pengaruh Penerapan Artificial Intelligence Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. Dosen Pembimbing I: Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I., Dosen Pembimbing II: M. Royyan Nafis Fathul Wahab, M.Ag. Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci: Artificial Intelligence, Keaktifan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang berdampak pada kurangnya keaktifan paada saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru mulai menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI), seperti Chat GPT, dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan Artificial Intelligence dalam pembelajaran SKI kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk; dan (2) Menganalisis pengaruh penerapan Artificial Intelligence terhadap keaktifan belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 176 siswa kelas VIII yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji regresi linier sederhana untuk mengukur pengaruh AI terhadap keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Artificial Intelligence dalam pembelajaran SKI di MTsN 3 Nganjuk dilakukan melalui pemanfaatan Chat GPT sebagai media bantu belajar. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa penerapan AI berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa, meskipun tingkat hubungan tergolong sangat lemah, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,248 dan koefisien korelasi sebesar 0,195. Dengan demikian, penerapan AI terbukti memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran SKI, namun masih perlu dioptimalkan untuk memperoleh dampak yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Mustofa
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:30
Last Modified: 08 Aug 2025 02:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18389

Actions (login required)

View Item View Item