Mustofa, Ahmad (2025) Pengaruh penerapan artificial intelligence terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayan islam kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201207_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21201207_bab1.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
21201207_bab2.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
21201207_bab3.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
21201207_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
![]() |
Text
21201207_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
![]() |
Text
21201207_bab6.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
21201207_daftarpustaka.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
21201207_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (195kB) |
Abstract
AHMAD MUSTOFA: 21201207, Pengaruh Penerapan Artificial Intelligence Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. Dosen Pembimbing I: Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I., Dosen Pembimbing II: M. Royyan Nafis Fathul Wahab, M.Ag. Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci: Artificial Intelligence, Keaktifan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang berdampak pada kurangnya keaktifan paada saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru mulai menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI), seperti Chat GPT, dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan Artificial Intelligence dalam pembelajaran SKI kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk; dan (2) Menganalisis pengaruh penerapan Artificial Intelligence terhadap keaktifan belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 176 siswa kelas VIII yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji regresi linier sederhana untuk mengukur pengaruh AI terhadap keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Artificial Intelligence dalam pembelajaran SKI di MTsN 3 Nganjuk dilakukan melalui pemanfaatan Chat GPT sebagai media bantu belajar. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa penerapan AI berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa, meskipun tingkat hubungan tergolong sangat lemah, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,248 dan koefisien korelasi sebesar 0,195. Dengan demikian, penerapan AI terbukti memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran SKI, namun masih perlu dioptimalkan untuk memperoleh dampak yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Mustofa |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:30 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |