Muhammad, Agiel (2025) Strategi Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Sisiwa Melalui Pembiasaan Nilai-nilai Islami Di SD PLUS SUNAN AMPEL Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205062_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21205062_bab1.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
21205062_bab2.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
21205062_bab3.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
21205062_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21205062_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21205062_bab6.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
21205062_daftarpustaka.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
21205062_lampiran.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text
21205062_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembiasaan nilai-nilai Islami di SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. Fokus utamanya adalah pada bagaimana kepala sekolah meformulasikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi pembentukan karakter religius tersebut. Strategi ini diterapkan melalui berbagai kegiatan rutin keagamaan dan pendekatan kolaboratif bersama guru serta wali murid. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan gambaran konkret tentang peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai religius secara berkelanjutan di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, dan beberapa peserta didik, serta dokumentasi berupa catatan administrasi kelas dan laporan kejadian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Peneliti juga menyusun skala tingkat konflik sebagai alat bantu untuk mengkategorikan jenis dan tingkat konflik yang terjadi di madrasah, agar strategi penyelesaian dapat lebih terarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembiasaan nilai-nilai Islami dilakukan secara sistematis melalui tiga tahapan. Pada tahap formulasi, strategi dirancang berdasarkan visi misi sekolah dan budaya Islami, dilanjutkan dengan penyamaan persepsi bersama guru dan wali murid, serta pembentukan forum komunikasi antara Kepala, Guru, dan Wali murid. Pada tahap implementasi, pembiasaan nilai-nilai Islami diwujudkan melalui kegiatan rutin seperti sholat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, istighosah, Jumat berkah, salam-sapa-salim, dan doa harian, dengan kepala sekolah berperan aktif sebagai teladan. Adapun pada tahap evaluasi, strategi dinilai melalui supervisi langsung, penggunaan instrumen pemantauan, forum komunikasi, serta refleksi dan penyesuaian strategi berdasarkan kendala yang muncul di lapangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | AGIEL MUHAMMAD |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:11 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18382 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |