Strategi Word Of Mouth Communication Dalam Meningkatkan Minat Beli Rokok Sehat Tentrem

Yoga Aries Setiawan, Yoga (2025) Strategi Word Of Mouth Communication Dalam Meningkatkan Minat Beli Rokok Sehat Tentrem. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933508216_Prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933508216_bab1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
933508216_bab2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
933508216_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
933508216_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text
933508216_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
933508216_bab6.pdf

Download (136kB)
[img] Text
933508216_daftar_pustaka.pdf

Download (157kB)
[img] Text
933508216_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
933508126_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (161kB)

Abstract

YOGA ARIES SETIAWAN, 2023. STRATEGI WORD OF MOUTH COMMUNICATION DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI ROKOK SEHAT TENTREM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pengunjung Warung Istana Tembakau), Skripsi, Program Studi Komunikasi Dan Penyiran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Diah Handayani, M.Si, dan (2) Imroatul Hasanah, M,Pd Kata Kunci : Strategi Word of Mouth, Minat Beli konsumen, Rokok Sehat Tentrem, Warung Istana Tembakau Persaingan pada sektor usaha yang semakin ketat yang menuntut pelaku usaha untuk melakukan strategi pemasaran yang jitu supaya dapat memaksimalkan penjualan. Beragam strategi pemasaran, menjadi konsentrasi para pelaku usaha, termasuk yang dilakukan oleh pemilik Warung Istana Tembakau. Warung Istana Tembakau berupaya mencari strategi pemasaran yang paling efektif untuk mempengaruhi minat beli konsumen serta mengambil keputusan untuk membeli produk yang dijual. Kepuasan pengunjung menjadi tujuan inti dari Warung Istana Tembakau karena dengan kepuasan yang dirasakan oleh pengunjung menstimuus mereka untuk dapat menyebarluaskan informasi mengenai produk kepada orang lain bahkan merekomendasikan kepada orang lain agar sama-sama memiliki minat beli produk tersebut. Strategi tersebut dalam ilmu komunikasi disebut sebagai strategi Word of Mouth Communication. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan istrumen berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi mengenai penelitian didapatkan dari teknik pengumpulan data yakni observasi dan wawancara dengan pemilik serta pengunjung Warung Istana Tembakau, dimana hal tesebut menjadi acuan terhadap pengambilan data yang dilakukan pada warung istana tembakau sekaligus mengamati para pelanggan rokok Sehat Tentrem dimana rokok tersebut hadir sebagai rokok alternatif ditengah rokok konvensional yang memiliki citra sebagai produk yang tidak menyehatkan atau memiliki dampak buruk pada tubuh. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Warung Istana Tembakau Selama Februari 2021 sampai Juni 2023. Hasil penelitiannya adalah strategi Word of Mouth Communication dalam meningkatkan minat beli produk Sehat Tentrem menunjukkan adanya dua jenis Word of Mouth yang digunakan yakni organic Word of Mouth dan Amplified Word of Mouth. Keduanya saling berkolaborasi untuk menghadirkan pola komunikasi pemasaran yang efektif, dimana organic WoM sendiri bertujuan untuk menghadirkan bahasan komunikasi secara natural yang berkembang dari kualitas produk maupun segi pelayanan dan pesan- pesan yang diutarakan kepada konsumen bersifat privat. Sedangkan, Amplified WoM merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai sarana edukasi dimana hal tesebut dilakukan oleh pemilik warung Istana Tembakau sebagai ajang promosi dan diharapkan memberikan dampak ketertarikan, kenyamanan, kepercayaan dan kemudahan dalam suatu produk yakni Sehat Tentrem dalam bentuk diskusi umum dan dilakukan pada warung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: YOGA ARIES SETIAWAN
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:48
Last Modified: 23 Jul 2025 04:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18376

Actions (login required)

View Item View Item