PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FARĀIḌ DI MA AL-MUNIROH GRESIK

Fadhliyah, Lailatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FARĀIḌ DI MA AL-MUNIROH GRESIK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201026_prabab.pdf

Download (916kB)
[img] Text
21201026_bab1.pdf

Download (484kB)
[img] Text
21201026_bab2.pdf

Download (560kB)
[img] Text
21201026_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
21201026_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21201026_bab5.pdf

Download (312kB)
[img] Text
21201026_daftarpustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
21201026_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21201026_Pernyataan Upload Karya Ilmiah.pdf

Download (106kB)

Abstract

Lailatul Fadhliyah, 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Google Sites Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Farāiḍ di MA Al-Muniroh Gresik, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakutas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd, dan (2) Maimunatun Habibah, M.Pd.I. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran , Google Sites, Minat Belajar, Farāiḍ Pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk kelas X MA Al-Muniroh Gresik ini merupakan pengembangan media yang membantu peserta didik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik mata Pelajaran Farāiḍ. Pada media ini menyajikan pembelajaran yang dilengkapi gambar, teks dan soal interaktif sehingga pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan serta dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website google sites mata pelajaran Farāiḍ; (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis website google sites; serta (3) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran website google sites. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Muniroh Gresik, dengan peserta didik kelas X yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 20 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D atau Research and Development dengan model penelitian pengembangan yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Penerapan dan yang terakhir (5) Evaluasi. Hasil pengembangan media berbasis website google sites ini menunjukkan bahwa: 1) dalam pengembangan media website google sites dimulai dari menganalisis kebutuhan, dilanjutkan dengan analisis kurikulum sampai dengan analisis karakteristik peserta didik. 2) Kelayakan produk media pembelajaran website google sites mendapatkan skor dari validator yaitu oleh ahli instrument, ahli media dan ahli materi. Rekapitulasi data ahli media menunjukkan skor sebesar 94,6% yang berarti sangat layak, sedangkan oleh ahli materi I memperoleh skor sebesar 90,6%, ahli materi II memperoleh skor 93,3% dan oleh ahli soal pretest posttest mendapatkan skor sebesar 98 % yang berarti sangat layak. Setelah mendapatkan hasil layak dari para validator. 3) peneliti melakukan uji coba dengan melakukan pretest dan posttest dan mendapatkan hasil analisis data berupa rata-rata skor pretest= 60,1% dan meningkat pada hasil posttest = 65,9%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa dengan kategori “cukup”.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILATUL FADHLIYAH
Date Deposited: 01 Sep 2025 03:44
Last Modified: 01 Sep 2025 03:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18363

Actions (login required)

View Item View Item