IMPLEMENTASI METODE AT-TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BENAR PADA PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SD Al-Ishlah Kec. Krembung Kab. Sidoarjo)

Masyithah, Alfinatul Dewi (2025) IMPLEMENTASI METODE AT-TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BENAR PADA PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SD Al-Ishlah Kec. Krembung Kab. Sidoarjo). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21201099_prabab.pdf

Download (753kB)
[img] Text
21201099_bab1.pdf

Download (454kB)
[img] Text
21201099_bab2.pdf

Download (530kB)
[img] Text
21201099_bab3.pdf

Download (408kB)
[img] Text
21201099_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
21201099_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
21201099_bab6.pdf

Download (298kB)
[img] Text
21201099_daftarpustaka.pdf

Download (339kB)
[img] Text
21201099_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201099_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)

Abstract

Masyithah, Alfinatul Dewi. Dosen Pembimbing Mohammad Asy’ari, M. H. I. dan Agus Dwi Santoso, M.Pd.I, Implementasi Metode At-Tahsin dalam Meningkatkan kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Benar pada Peserta Didik (Studi Kasus di SD Al-Ishlah Kec. Krembung Kab. Sidoarjo), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Implementasi, Metode At-Tahsin, Membaca Al-Qur'an Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar merupakan aspek penting dalam pendidikan Islam, terutama bagi peserta didik di tingkat dasar. SD Al-Ishlah Desa Rejeni, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, menerapkan metode At-Tahsin sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode At-Tahsin dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap bacaan Al-Qur’an serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan gambaran mendalam mengenai pelaksanaan metode At-Tahsin di SD Al-Ishlah. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan guna memperoleh hasil yang valid dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode At-Tahsin diterapkan secara sistematis melalui tiga jilid pembelajaran yang berfokus pada perbaikan makhraj, tajwid, serta kefasihan membaca Al-Qur’an. Faktor pendukung dalam penerapan metode ini meliputi tenaga pendidik yang kompeten, ketersediaan buku panduan yang sistematis, serta dukungan dari pihak sekolah dan orang tua. Sementara itu, faktor penghambatnya mencakup keterbatasan waktu pembelajaran, variasi kemampuan peserta didik dalam memahami materi, serta kurangnya latihan mandiri di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ALFINATUL DEWI MASYITHAH
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:44
Last Modified: 21 Jul 2025 06:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18331

Actions (login required)

View Item View Item