Implementasi Program Ta’līmul Ulūm Al-Islāmiyyah Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Santri Di Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri

Hafidhotani, Nawwarotul Mubarokah Nur (2025) Implementasi Program Ta’līmul Ulūm Al-Islāmiyyah Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Santri Di Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201032_prabab.pdf

Download (813kB)
[img] Text
21201032_bab1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
21201032_bab2.pdf

Download (270kB)
[img] Text
21201032_bab3.pdf

Download (171kB)
[img] Text
21201032_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
21201032_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
21201032_bab6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
21201032_daftar pustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
21201032_NAWWA Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (208kB)

Abstract

ABSTRAK Nawwarotul Mubarokah Nur Hafidhotani. Dosen Pembimbing I M. Alim Khoiri, S.H.I, M.Sy dan Pembimbing II Mohammad Asy’ari. M.H.I. Implementasi Program Ta’līmul Ulūm Al-Islāmiyyah Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Santri Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Program Ta’līmul Ulūm Al-Islāmiyyah, Kualitas Spiritual. Implementasi merupakan suatu rangkaian atau rencana yang telah di persiapkan oleh seseorang setelah melakukan suatu interaksi. Kualitas spiritual merujuk pada derajat, kedalaman dan kepentingan dimensi rohani atau keagamaan dalam kehidupan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaslakan implementasi hasil pembelajaran program Ta’līmul Ulūm Al-Islāmiyyah dalam meningkatkan kualitas spiritual santri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kediri. Program ini merupakan bagian dari pembelajaran keislaman yang mengkaji beberapa kitab kuning untuk memperdalam santri terhadap ajaran islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun proses analisa dilakukan melalui 4 langkah dari model Miles dan Huberman, yaitu pertama data collection untuk mengumpulkan data lapangan, kedua data reduction berarti merangkum, memilih hal-hal pokok yang diperoleh, ketiga display data atau penyajian data yang dilakukan dengan bentuk uraian singkat, bagan atau tabel untuk membantu pemahaman, keempat yakni penarikan kesimpulan berdasarkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan program dilakukan secara sistematis melalui penyusunan jadwal, silabus, serta penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran. (2) pelaksanaan program berjalan efektif dengan metode sorogan dan bandongan, dimana santri secara aktif berpartisipasi dalam memahami materi yang dikaji. (3) evaluasi dilakukan melalui ujian lisan (taftīsyul kutub) dan ujian tulis serta tes pemahaman materi yang diberikan oleh muallīm dengan pedamping musyrifah masing-masing. (4) faktor pendukung keberhasilan program meliputi kedisiplinan santri, keterlibatan musyrifah, serta fasilitas yang memadai. Adapun faktor penghambatnya adalah kejenuhan santri dan kurangnya santri dalam memahami pemaknaan menggunakan bahasa jawa oleh mu’allīm. Penelitian ini menegaskan bahwa program Ta’līmul Ulūm Al-Islāmiyyah berperan penting dalam meningkatkan kualitas spiritual santri dengan menambah ketaatan dalam beribadah, pemahaman agama yang lebih mendalam, serta karakter islami yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1607 Social Work (Kesejahteraan Sosial) > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NAWWAROTUL MUBAROKAH NUR HAFIDHOTANI
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:38
Last Modified: 01 Aug 2025 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18305

Actions (login required)

View Item View Item