Sinergitas Guru PAI Dan Orangtua Dalam Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Kepada Peserta Didik Di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri

KUSUMAWARDANI, IRNA AYU (2025) Sinergitas Guru PAI Dan Orangtua Dalam Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Kepada Peserta Didik Di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201147_prabab.pdf

Download (928kB)
[img] Text
20201147_bab1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
20201147_bab2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
20201147_bab3.pdf

Download (237kB)
[img] Text
20201147_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
20201147_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
20201147_bab6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
20201147_daftar_pustaka.pdf

Download (315kB)
[img] Text
20201147_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (2).pdf

Download (184kB)

Abstract

Ayu Kusumawardani, Irna. 2024, Sinergitas Guru PAI Dan Orang Tua Dalam Peningkatan Minat Baca Al-Qur’an Kepada Peserta Didik Di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Kata Kunci: Sinergitas, Guru PAI dan Orang Tua, Peningkatan Baca Al-Qur’an. Penelitian ini diambil atas dasar pentingnya peningkatan baca Al-Qur’an sejak dini. Upaya peningkatan baca Al-qur’an tidaklah cukup jika dilaksanakan di sekolah saja, maka dari itu perunya sinergitas antara guru dan orang tua untuk saling berkomunikasi tentang peserta didik ketika berada di sekolah ataupun di rumah, apakah peserta didik sudah berusaha meningkatkan baca Al-Qur’annya baik ketika di sekolah ataupun ketika di rumah. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sinergitas guru PAI dan orag tua dalam peningkatan baca al-qur’an di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri, apa saja faktor pendukung dan penghambat orang tua dan guru agama dalam pembinaan baca al-qur’an di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota kediri. Serta untuk mengetahui sinergitas guru PAI dan orang tua dalam peningkatan baca al-qur’an di di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji kebasahan data dengan menggunakan triangulasi, ketekunan pengamat dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil peneitian dari skripsi ini yaitu (1) urgensi peningkatan minat baca Al-Quran sudah berjalan cukup baik, terdapat metode pembelajaran yang tepat kepada peserta didik dan menambah jam belajar Al-Rur’an selama 1 jam sebelum pembelajaran dimulai. (2) faktor pendukung dalam peningkatan baca Al-Qur’an yaitu peran guru yang sangat baik, guru sudah memberikan motivasi dan tempat belajar Al-Qur’an berupa ekstakulikuler BTQ, faktor penghambatnya yaiut kurangnya kepedulian orang tua terhadap anaknya ketika berada di rumah, serta kurangnya fasilitas yang memadahi untuk emnunjang kegiatan peningkatan baca Al-Qur’an, (3) sinergitas guru dan orang tua sudah terjalin dengan baik, guru dan orang tua saling berkomunikasi terkait perkembangan peserta didik baik ketika di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IRNA AYU KUSUMAWARDANI
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:37
Last Modified: 07 Aug 2025 06:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18293

Actions (login required)

View Item View Item