Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SIMATA) Menggunakan PIECES Framework Pada Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Tahun 2025

Isomudin, Ulil Absor (2025) Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SIMATA) Menggunakan PIECES Framework Pada Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Tahun 2025. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205010_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21205010_bab1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
21205010_bab2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
21205010_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
21205010_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
21205010_bab5.pdf

Download (226kB)
[img] Text
21205010_daftarpustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kepuasan pengguna terhadap Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SIMATA) menggunakan PIECES Framework. (2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kepuasan pengguna terhadap SIMATA. Penelitian menggunakan kerangka PIECES Framework yang terdiri dari enam indikator utama, yaitu Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, dan Service. Framework ini dipilih untuk memberikan pemahaman komprehensif terhadap berbagai dimensi yang memengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi atau mixed methods dengan teknik analisis deskriptif dan analisis tematik sesuai dengan PIECES Framework. Responden terdiri dari 100 mahasiswa Fakultas Tarbiyah, dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan informan wawancara terdiri dari beberapa dosen, admin, dan mahasiswa. Skala pengukuran menggunakan skala Likert 4 kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dimensi Information memperoleh skor tertinggi sebesar 3,36, dimensi Performance mendapat skor 3,27, dimensi Economy mendapat skor 3,28, dimensi Efficiency mendapat skor 3,23, dan dimensi Service mendapat skor 3,34. Sementara itu dimensi Control memiliki skor terendah sebesar 3,16. Secara keseluruhuhan dimensi SIMATA mendapatkan rata-rata skor 3,27 dengan kategori Sangat Puas. (2) Faktor pendukung kepuasan pengguna terhadap SIMATA adalah sistem yang cepat diakses, informasi dan penggunaan sistem yang mudah dipahami, penghematan waktu dan biaya yang dikeluarkan, serta transparansi proses dan efisiensi layanan yang responsif. Sedangkan faktor penghambat yang masih perlu ditingkatkan atau dikembangkan lagi adalah penambahan fitur notifikasi kegiatan bimbingan secara realtime, panduan penggunaan SIMATA secara terstruktur, dan peningkatan spesifikasi server. Dengan demikian membuktikan bahwa secara umum SIMATA dinilai cepat, akurat, dan efisien menurut analisis kepuasan pengguna, walaupun beberapa fitur atau menu layanan masih memerlukan pengembangan untuk memudahkan pengguna baru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ulil Absor Isomudin
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:07
Last Modified: 04 Aug 2025 03:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18276

Actions (login required)

View Item View Item