Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Madrasah Berkualitas Di MTsN 2 Kota Kediri

'Ulya, Rizqiiya Nidya (2025) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Madrasah Berkualitas Di MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205103_prabab.pdf

Download (863kB)
[img] Text
21205103_bab1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
21205103_bab2.pdf

Download (357kB)
[img] Text
21205103_bab3.pdf

Download (276kB)
[img] Text
21205103_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21205103_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
21205103_bab6.pdf

Download (227kB)
[img] Text
21205103_daftarpustaka.pdf

Download (203kB)

Abstract

Kepala madrasah yang baik merupakan kepala madrasah yang memenuhi standar kompetensi dalam menjalankan kepemimpinannya sehingga bisa membangun madrasah yang berkualitas. Hal inilah yang menjadi alasan utama dalam pemilihan judul penelitian ini, mengingat keberhasilan madrasah bergantung pada kemampuan kepala madrasah dalam memenuhi standar kompetensi kepemimpinan yang telah ditetapkan dalam Permendiknas No. 13 Tahun 2007. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui cara kepala MTsN 2 Kota Kediri menjalankan kepemimpinannya sesuai kompetensi kepribadian, (2) mengetahui cara kepala MTsN 2 Kota Kediri menjalankan kepemimpinannya sesuai kompetensi manajerial, (3) mengetahui cara kepala MTsN 2 Kota Kediri menjalankan kepemimpinannya sesuai kompetensi sosial, (4) mengetahui cara kepala MTsN 2 Kota Kediri menjalankan kepemimpinannya sesuai kompetensi kewirausahaan, (5) mengetahui cara kepala MTsN 2 Kota Kediri menjalankan kepemimpinannya sesuai kompetensi supervisi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari pertama reduksi data, kedua penyajian data, dan ketiga penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan dalam pengamatan serta triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala MTsN 2 Kota Kediri dalam Membangun Sekolah Berkualitas yaitu dengan menjalankan kepemimpinannya sesuai dengan standar kompetensi yang tercantum dalam PERMENDIKNAS No. 13 Tahun 2007. Dimana dalam memimpin Kepala MTsN 2 memenuhi indikator masing-masing kompetensi sebagai berikut: 1) Kompetensi kepribadian kepala madrasah meliputi berakhlak mulia, menjadi teladan bagi warga madrasah, memiliki integritas dalam kepemimpinan, mengembangkan diri, bersikap terbuka, dan memiliki bakat menjadi kepala madrasah, 2) Kompetensi manajerial meliputi melakukan perencanaan madrasah, mengembangkan madrasah secara adaptif, optimalisasi sumber daya madrasah, inovasi dalam kepemimpinan, hubungan sosial madrasah, dan manajemen administrasi serta informasi 3) Kompetensi sosial meliputi Kerjasama untuk mendukung program madrasah, keterlibatan dalam kegiatan sosial, dan kepekaan sosial kepala madrasah, 4) kompetensi kewirausahaan meliputi inovasi program unggulan, berkomitmen dalam efektivitas organisasi pembelajar, motivasi dalam kepemimpinan, ketangguhan menghadapi tantangan, dan manajemen kewirausahaan madrasah, 5) kompetensi supervisi meliputi perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan sipervisi akademik, dan tindak lanjut supervisi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: RIZQIIYA NIDYA `ULYA
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:25
Last Modified: 21 Jul 2025 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18259

Actions (login required)

View Item View Item