Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri

Azzahro, Kusuma Nandhita (2025) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205105_prababb.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21205105_bab1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
21205105_bab2.pdf

Download (193kB)
[img] Text
21205105_bab3.pdf

Download (228kB)
[img] Text
21205105_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
21205105_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
21205105_bab6.pdf

Download (107kB)
[img] Text
21205105_daftarpustaka.pdf

Download (165kB)
[img] Text
21205105_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi_Kusuma Nandhita Azzahro.pdf

Download (294kB)

Abstract

Guru merupakan salah satu unsur kunci dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan di madrasah. Namun demikian, dalam implementasinya, tidak jarang dijumpai berbagai permasalahan, seperti rendahnya tingkat kedisiplinan, minimnya inovasi dalam pembelajaran, serta kurangnya motivasi kerja di kalangan guru, yang menjadi kendala dalam pencapaian tujuan pendidikan. Fenomena tersebut menegaskan pentingnya peran kepala madrasah sebagai penggerak utama dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Kepala madrasah tidak semata-mata berfungsi sebagai administrator, melainkan juga berperan sebagai edukator, manajer, supervisor, pemimpin (leader), inovator, dan motivator, yang secara aktif membimbing, mengarahkan, serta memotivasi guru untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas kinerjanya secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi serta ketekunan pengamatan. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Al Irsyad mencakup tujuh aspek, yaitu sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. Sebagai edukator, kepala madrasah membimbing guru dalam pembelajaran, menanamkan nilai moral, serta meningkatkan kompetensi melalui pelatihan. Sebagai manajer, mengelola diskusi akademik, memberi ruang pengembangan profesi, dan melibatkan guru dalam kegiatan madrasah. Dalam peran administrator, kepala madrasah mengelola berbagai aspek administrasi secara terstruktur. Sebagai supervisor, menyusun dan melaksanakan supervisi serta menindaklanjuti hasilnya. Sebagai leader, menjadi teladan dan membangun komunikasi efektif. Dalam peran inovator, menggagas pembaruan dan mengikuti perkembangan IPTEK. Sebagai motivator, kepala madrasah memberi penghargaan dan motivasi lisan untuk mendorong semangat guru. Pelaksanaan peran ini secara menyeluruh berdampak positif pada peningkatan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: KUSUMA NANDHITA AZZAHRO
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:26
Last Modified: 21 Jul 2025 04:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18258

Actions (login required)

View Item View Item