Achmad, Nuril Ashari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NURUL ISLAM KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21201020_prabab.pdf Download (786kB) |
![]() |
Text
21201020_bab1.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
21201020_bab2.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
21201020_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
![]() |
Text
21201020_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
![]() |
Text
21201020_bab5.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
21201020_daftarpustaka.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
21201020_lampiran.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21201020_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
Abstract
NURIL ASHARI ACHMAD, Dosen Pembimbing Sheila Fakhria, M.H dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd, Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs Nurul Islam Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Motivasi Belajar Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi peserta didik adaah motivasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendorong motivasi peserta didik adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yaitu alat atau bentuk stimulus yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah media audio visual. Tujuan penelitian dan pengembangan ini dalah untuk menjelaskan pengembangan media pembelajaran fiqih berbasis audio visual dan menjelaskan peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VII di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan oleh peneiti adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket sebelum dan sesudah, serta observasi. Data yang dihasilkan dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual yang dihasikan dalam penelitian dan pengembangan ini melalui beberapa tahap. Yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Mendapatkan prsesentase hasil dari ahli materi 96% dan ahli media 98%. (2) terdapat peningkatan motivasi belajar sebesar 62% (sebelum penggunaan media pembelajaran) dan meningkat menjadi 84% (sesudah penggunaan media pembelajaran). Angka tersebut jika dikonversikan dalam tabel konversi skala motivasi belajar peserta didik, tingkat pencapaian 84% berada pada kualifikasi sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NURIL ASHARI ACHMAD |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:07 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |