amrullah, Ferdi (2025) PENERAPAN PRAKTEK IBADAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN TATA CARA SHOLAT PADA SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201062_BAB 1.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
21201062_BAB 2.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
21201062_BAB 3.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
21201062_BAB 4.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
21201062_BAB 5.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
21201062_BAB 6.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
21201062_Daftar Pustaka.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
21201062_Lampiran.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21201062_surat pernyataan upload karya ilmiah .pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan praktik ibadah dalam meningkatkan keterampilan tata cara sholat pada siswa kelas VII di MTsN 5 Kediri. Praktik ibadah yang dimaksud meliputi pelaksanaan shalat berjamaah, pembiasaan keislaman, serta bimbingan langsung oleh guru terhadap aspek teknis sholat, seperti gerakan dan bacaan. Fokus penelitian ini diarahkan untuk melihat sejauh mana kegiatan praktik ibadah mampu membentuk keterampilan siswa dalam melaksanakan sholat sesuai dengan syariat, mulai dari aspek psikomotorik, pemahaman bacaan, hingga sikap khusyuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi guru Fikih, kepala sekolah, serta siswa kelas VII. Proses implementasi dilakukan melalui tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa guru secara aktif membimbing siswa saat praktik ibadah, mulai dari pembetulan gerakan, latihan bacaan, hingga evaluasi informal yang dilakukan secara langsung dalam sholat berjamaah. Siswa menunjukkan perkembangan keterampilan secara bertahap, yang ditandai dengan peningkatan ketepatan gerakan, keteraturan dalam pelaksanaan sholat, serta kefasihan bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik ibadah yang rutin dan didampingi guru berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan tata cara sholat siswa. Guru berperan penting sebagai pembina spiritual. Meskipun terdapat kendala seperti rendahnya motivasi dan kurangnya kebiasaan ibadah di rumah, praktik ibadah tetap efektif dalam membentuk keterampilan dan karakter religius siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FERDI AMRULLAH |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:06 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |