Implementasi Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Buku Ajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Ngronggo 5 Kota Kediri

Pramana, Duta Agung (2025) Implementasi Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Buku Ajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Ngronggo 5 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201017_Pra BAB.pdf

Download (5MB)
[img] Text
21201017_BAB 1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
21201017_BAB 2.pdf

Download (307kB)
[img] Text
21201017_BAB 3.pdf

Download (247kB)
[img] Text
21201017_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
21201017_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
21201017_BAB 6.pdf

Download (155kB)
[img] Text
21201017_Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
21201017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21201017_Surat penyataan upload karya ilmiah.pdf

Download (713kB)

Abstract

Efektivitas penggunaan buku ajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar menjadi perhatian penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Buku ajar tidak hanya berfungsi sebagai sumber belajar, tetapi juga sebagai instrumen pedagogis yang mendukung guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Di SDN Ngronggo 5 Kota Kediri, buku ajar telah digunakan secara konsisten dalam kegiatan belajar mengajar. Namun demikian, efektivitas implementasi buku ajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa masih memerlukan kajian lebih lanjut, terutama dari sisi kreativitas guru dalam mengembangkan dan menyesuaikan isi buku ajar dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas implementasi penggunaan buku ajar oleh guru dalam pembelajaran PAI dan sejauh mana kontribusinya terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan untuk menggambarkan secara menyeluruh bagaimana guru mengelola buku ajar sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan buku ajar oleh guru PAI di SDN Ngronggo 5 Kota Kediri tergolong efektif. Guru melakukan perencanaan pembelajaran yang sistematis, pelaksanaan yang kreatif dan adaptif, serta evaluasi yang berkelanjutan. Buku ajar digunakan tidak hanya sebagai pedoman pembelajaran, tetapi juga dimodifikasi sesuai kebutuhan siswa, termasuk penguatan nilai�nilai agama, penggunaan media visual, serta metode diskusi dan praktik ibadah. Efektivitas ini terlihat dari meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi keagamaan, partisipasi aktif dalam pembelajaran, serta peningkatan prestasi belajar pada ranah kognitif dan afektif. Namun, ditemukan pula beberapa hambatan seperti keterbatasan buku ajar dalam menjangkau gaya belajar yang beragam dan kurangnya media interaktif pendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DUTA AGUNG PRAMANA
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:58
Last Modified: 15 Jul 2025 06:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item