Aula, Lathifatun Nikmatil (2025) Pengembangan E-Book Sains Gesubi Berbasis Web Pendekatan Blended Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di MTs Raudlatut Thalabah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208042_prabab.pdf Download (658kB) |
![]() |
Text
21208042_bab 1.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
21208042_bab 2.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
21208042_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
![]() |
Text
21208042_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21208042_bab 5.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
212208042_daftar pustaka.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
21208042_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
21208042_pernyataan apload karya ilmiah.pdf Download (64kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakang i oleh rendahnya pemahaman siswa tentang materi IPA yang disebabkan kurangnya penyajian materi pada bahan ajar karena bahan ajar masih menggunakan buku pegangan berupa buku LKS dan buku paket, sehingga siswa merasa kesulitas dan memahami mtteri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman IPA siswa kelas VIII semester genap melalui penggunaan e-book sains gensubi berbasis web yang dilakukan di MTS Raudhatut Thalabah Kediri pada April-Mei dengan 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dengan uji kelayakan dari validator dan uji keefektifan berdasarkan hasil angket soal pretest dan posttest yang meliputi uji normalitas, homogenitas, dan paired t test. Hasilnya, e-book sains Gensubi ini terbukti valid berdasarkan validasi ahli materi (92%, 86%, 86%) dan ahli media (81%, 90%, 95%), dengan kategori "sangat valid" dan "valid". Selain itu, e-book ini juga efektif meningkatkan pemahaman siswa, terlihat dari kenaikan nilai rata-rata pretest (60,50) ke posttest (87,25) dengan peningkatan yang signifikan (nilai signifikansi 0,03 < 0,05). Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang jelas dalam hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-book sains Gensubi dalam pendekatan blended learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0201 Astronomical and Space Sciences (Ilmu Astronomi dan Luar Angkasa) > 020108 Planetary Science (excl. Extraterrestrial Geology) ; Ilmu Planet (tidak termasuk Geologi Luar Bumi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | LATHIFATUN NIKMATIL AULA |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:38 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |