Suntari, Nurul (2025) Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Ganung Kidul 4 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206002_prabab.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text
21206002_bab1.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
21206002_bab2.pdf Download (744kB) |
![]() |
Text
21206002_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text
21206002_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
21206002_bab5.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
21206002_daftarpustaka.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
21206002_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206002_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (192kB) |
Abstract
NURUL SUNTARI. Dosen Pembimbing Ibu Dr. Fartika Ifqria, M.Pd dan Erika Puspitasari, M.Pd. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Ganung Kidul 4 Nganjuk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaaiyah, Fakultas Tarbiyah, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI 2025. Kata Kunci : Hasil Belajar, Cerita Bergambar, Pendidikan Pancasila Materi Pendidikan Pancasila, khususnya tema “Pancasila Dasar Negaraku,” seringkali dianggap sulit dipahami oleh siswa kelas II sekolah dasar karena sifatnya yang abstrak dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita bergambar sebagai alat bantu belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengembangkan prosedur media buku cerita bergambar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, (2) untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan, dan (3) untuk menguji keefektifan media terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Ganung Kidul 4 Nganjuk. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli, angket respon siswa, soal pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Prosedur Pengembangan media buku cerita bergambar menggunakan tahap ADDIE 2) Kelayakan Media Buku memperoleh validasi dari ahli media dengan persentase 68% dan 75,38% (kategori layak), serta respon siswa sebesar 83% (kategori sangat layak). 3) Uji keefektifan menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan N-Gain sebesar 76% pada kelompok kecil dan 81% pada kelompok besar (kategori tinggi), serta hasil uji paired sample t-test menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulannya, media buku cerita bergambar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas II sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NURUL SUNTARI |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:58 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 01:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |